Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Organisasi yang Adaptif terhadap Perubahan

Authors

  • Riris Rismawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Safwandy UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.14421/jkii.v10i1.1402

Keywords:

Kepala Sekolah , Budaya Organisasi, Perubahan, Kepemimpinan , Pendidikan

Abstract

Perubahan yang cepat dalam dunia pendidikan menuntut sekolah untuk memiliki budaya organisasi yang adaptif dan responsif terhadap dinamika zaman. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk dan mengarahkan budaya tersebut agar selaras dengan tantangan dan kebutuhan yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam membangun budaya organisasi yang adaptif terhadap perubahan, dengan latar belakang pentingnya kepemimpinan yang visioner dalam menciptakan lingkungan sekolah yang fleksibel dan inovatif. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran kepala sekolah dalam membangun budaya organisasi yang adaptif terhadap perubahan di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri Bandung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memegang peran kunci dalam mendorong perubahan melalui
kepemimpinan yang visioner, penguatan nilai-nilai organisasi, serta penerapan komunikasi yang partisipatif. Budaya organisasi yang terbentuk mencerminkan nilai adaptasi, inovasi, dan kolaborasi, yang menjadi fondasi penting dalam menjawab tantangan perubahan.

[Rapid changes in the world of education require schools to have an organizational culture that is adaptive and responsive to the dynamics of the times. Principals as educational leaders have a strategic role in shaping and directing the culture to be in harmony with the ever-evolving challenges and needs. This research aims to examine the role of school principals in building an organizational culture that is adaptive to change, against the background of the importance of visionary leadership in creating a flexible and innovative school environment. The main question in this study is: What is the role of the principal in building an organizational culture that is adaptive to change at SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri Bandung? This study uses a qualitative approach with a case study method. The data was obtained through in-depth interviews with the principal as the main informant. The results show that school principals play a key role in driving change through visionary leadership, strengthening organizational values, and implementing participatory communication. The organizational culture that is formed reflects the values of adaptation, innovation, and collaboration, which are important foundations in answering the challenges of change].

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Safwandy, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dosen Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract viewed: 31 times | PDF downloaded = 30 times

References

Abbas, A. (2019). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 12. https://doi.org/10.30863/ didaktika.v11i1.152

Alundra Amnala, K., Zahroul Fitriyah, C., & Ayu Puspitaningrum, D.(2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Nilai Karakter Kebhinnekaan Global Dalam Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PPKN Unit 3 Siswa Kelas Iv SDN Sekarputih 2 Bondowoso. Edustream Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p171-181

Anggreni, M. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2).https://doi. org/10.18592/ptk.v6i2.4101

Anjani, N., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 481–488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828

Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah Pada Pembentukan Karakter Religiusitas Pada Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 21 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/

educatio.v9i2.5104

Asmadi, I., Ilyas, A. A. R. M., Tirtajaya, A., Muctar, H. S., & Wahidin, D. (2022a). Kepemimpinan Pendidikan Di Tengah

Kompleksitas Perubahan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6050–6056.https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3444

Asri, K. H., Komariah, A., Meirawan, D., & Kurniady, D. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research and Development Journal of Education, 7(1), 01.https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7788

Astuti, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35673/ajmpi. v5i1.79

Bahri, A., Sahribulan, S., & M, W. H. (2022). Pelatihan Pengembangan Website Sekolah Bagi Guru Dan Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar Kabupaten Takalar. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3),1426–1431. https://doi. org/10.31004/cdj.v3i3.7817

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Karakter Peserta

Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Chandra, D., & Djunaidi, Z. (2022). Analisis Pengaruh Dimensi Safety Culture Terhadap Safety Culture Di Industri Petrokimia. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3622

Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 20 Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29 Duman, M., Taat, M. S., & Abdullah, M. K. (2021). Pengaruh

Iklim Organisasi Ke Atas Sikap Guru Terhadap Perubahan Dalam Pendidikan Abad Ke-21. Malaysian Journal of Social

Sciences and Humanities (Mjssh), 6(6), 86–99. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i6.814

Fahma, N., Kusuma, A. A. S., P, H. J., Soemardjoko, B., & Narimo, S. (2024). Strategi Perubahan Inovatif Dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah. Ide guru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 13451350.https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.975

FITRIA, N., CHAIRY, A., & FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C. (2024). MENGURAI KOMPLEKSITAS BUDAYA ORGANISASI DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 136–142. https://doi. org/10.61116/jksm.v1i4.257

Fitriyanti, E., Soedjarwo, S., & Soholeh, M. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Di Madrasah Aliyah Amanatul Umma. Dharmas Education Journal (De_ journal), 5(1), 7483.https://doi.org/10.56667/dejournal. v5i1.1281

Hadju, L., & Adam, N. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Bolango. Publik Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2),125–135. https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.14

Hakim, L., & Sugiyanto, E. (2018). Manajemen Perubahan Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan Di Industri Batik Laweyan Surakarta. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1),49.https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.6562

Hamdan, H., Aprina, A., Rochman, M., Husnurijal, H., Eliana, L., & Rahmawati, I. (2023). Mengeksplorasi Implementasi

Kepemimpinan Adaptif Di Sekolah Islam Terpadu. Fastabiq Jurnal Studi Islam, 4(2), 185–199.https://doi.org/10.47281/ 23

Hamdani, H., & Mawardaniah, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 111. https://doi.org/10.31958/ atjpi.v2i2.4822

Hatta, I. H., & Rachbini, W. (2017). Budaya Organisasi, Insentif, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja Karyawan Pada Pt Avrist

Assurance. Jurnal Manajemen, 19(1), 74. https://doi. org/10.24912/jm.v19i1.106

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu

Pendidikan Melalui Program Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://

doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131

Hendra, H. depriansyah putra. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Terhadap Etos Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 7786. https://doi.org/10.21009/jmp.v11i2.11420

Hermanto, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Orientasi Strategis Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Peran Mediasi Knowledge Management (Studi Pada PDAM Di Nusa Tenggara Barat). Inobis Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 343–356.

https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.41

Himawan, E. N., Tobing, E. S., Setyawan, W., Yustika, R., Subandi, A., & Syarif, E. B. (2022). Mempelajari Faktor-Faktor

Yang Memengaruhi Efektivitas Kepemimpinan Di PT.XYZ. Diversity Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(3). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i3.8082

Hulkin, M., & Shaleh, S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Pada Abad 21. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1313–1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814

Idris, R. (2013). Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Menuju Masyarakat Indonesia Seutuhnya. Lentera Pendidikan Jurnal 24 Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025. Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(1), 62–72. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a5

Imani, A., Hasanah, A. F., & Setiabudi, D. I. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Kelas Iii Tema Benda Di Sekitarku. Soko Guru Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.239

Jacobus, D. W. C., Setyaningsih, Y., & Arso, S. P. (2022). Analisis Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Yang Mendukung Terhadap Motivasi Melaporkan Insiden Keselamatan Pasien-Systematic Riview. An-Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 157. https://doi.org/10.31602/ann.v9i2.6842

Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Resistensi Pegawai Terhadap Perubahan Organisasi Di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. 1(1), 22–37.https://doi.org/10.62138/tuhenori.v1i1.8

Karmila, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Iklim Organisasi Yang Kondusif. Manajer Pendidikan Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.21384

Kaviza, M. (2021). Aplikasi Kemahiran Belajar Dan Inovasi (4C) Dalam Kalangan Murid Sejarah: Satu Tinjauan Awal.

Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 5(6), 151–159. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i6.654

Kurnia, D., Ma’arif, M. N., Ribcha, P., & Usep, N. (2023). Konsep Budaya Organisasi Dan Perilaku Organisasi. Jurnal

Pelita Nusantara, 1(3), 386–392. https://doi.org/10.59996/ jurnalpelitanusantara.v1i3.289

Kurniadewi, Y. I., Hubeis, M., & Slamet, A. S. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Perubahan Organisasi, Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Manajemen Ikm.Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.29244/mikm.16.1.1-8

Kurniawan, A., & Tiarapuspa, N. (2023). Review Literatur Budaya Organisasi Dan Pelayanan Publik Dalam Penerapan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Instansi Pemerintahan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2247–2256. https://doi.org/10.25105/ jet.v3i2.16924

Lamirin, N., Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Penerapan Strategi Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kanderang 14(2), 400–409. https://doi.org/10.37304/jikt.

Lestari, A. K., Arifin, I., & Sunarni, S. (2021). Manajemen Budaya Sekolah Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 6(12), 1846.https://doi.org/10.17977/ jptpp.v6i12.15158

Maratul Qiftiyah, N., & Kusuma, Y. (2023). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.1565

María, ., Ahmadi, L. P., K, R. A. S., Tabun, M. A., Syakbani, B., Sudarni, A. A. C., Hariyanti, H., Nuryati, Suhadarliyah,

Sijabat, F. N., Amelia, D., Wati, K. M., Abadi, S. H. K., & Akib, S. (2022). Perilaku Dan Budaya Organisasi. https://doi.

org/10.31237/osf.io/pesw5

Mariana, M., Satrya, A., & Elu, W. B. (2021). Pengaruh Supervisory Behavior, Budaya Organisasi Dan Motivasi. SyntaxIdea, 3(6), 1370. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i6.1230

Muchsinati, E. S., & Mea, Y. L. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Etik Dan Budaya Organisasi Dengan Komitmen Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kinerja Organisasi. Maker Jurnal Manajemen, 8(1), 56–66. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.439

Mufida, T., & Lailiyah, N. (2023). Resitasi Untuk Menguatkan Metode Direct Instruction Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MA Balongrejo Sumobito Jombang. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(1), 53–66. https://doi.org/10.54437/

Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, 26

Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/ japi.v10i1.2786

Mulyaningsih, M. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Transformasi Budaya Organisasi Terhadap Manajemen Sekolah Untuk Mewujudkan Efektivitas Penggunaan Budaya Sharing Di Lingkungan Pendidikan (Survei Pada SMP Negeri Di Jawa Barat). Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (Jsab), 1(1), 57.https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.5

Muttagin, Z. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepala SMP Dan Implementasi Manajemen Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(2).https://doi.org/10.17509/jap.v12i2.6377

Nena, M. F., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Dan

Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru Akuntansi Kejuruan Bisnis Dan Manajemen SMK Di Jakarta

Pusat). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 49–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40396

Noorsanti, N., Zamroni, Z., & Salehudin, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Leader Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 84–99.https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.2506

Oktavia, G., Hidayati, I. W., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Analisis Strategi Kepala Sekolah Dalam Menjalankan

Supervisi Pendidikan Di SDN 34/1 Teratai. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6523–6527. https://doi.org/10.54371/ jiip.v6i9.2783

Pinasthika, R. P., & Kaltsum, H. U. (2022). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6558–6566. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3304

Putra, A. E. (2024). Peran Mediasi Kinerja Perawat Pada Pengaruh Kepemimpinan Transformational Manajer Terhadap 27 Medication Safety Di Ruang Perawatan Inap Rumah Sakit Pekanbaru. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs Dr Soetomo, 10(1), 17. https://doi.org/10.29241/jmk.v10i1.1789

Raharso, S. (2018). Membangun Agilitas Organisasi Melalui Budaya Organisasi Dan Berbagi Pengetahuan. Matrik Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 139. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p06

Rahmadani, S., & Marsidin, S. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMK Negeri 10 Padang. Journal of Educational Administration Leadership, 3(3), 186–191.https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.271

Rismawati, R. (2024). Wawancara Kepala Sekolah SMA DTBS Putri Bandung, 18 November 2024.

Sagala, C., Wandini, R. R., & Sianipar, D. R. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMP IT Mutiara Sei

Mencirim Sunggal. Innovative Journal of Social Science Research, 3(6), 7733–7740. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7365

Samsilayurni, S. (2022). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Manajer Sekolah. 2(2), 101–108. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i2.284

Saragih, R. R. (2022a). Implikasi Budaya Organisasi Dan Manajemen Pengetahuan Di Lingkungan Pendidikan : Studi Literatur. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6077–6082. https:// doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3587

Saragih, R. R. (2022b). Implikasi Budaya Organisasi Dan Manajemen Pengetahuan Di Lingkungan Pendidikan : Studi Literatur. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6077–6082. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3587

Shalahudin, M., Mulyadi, L., M, E. F., & Tisatun, T. (2023). Kepemimpinan Perubahan Pada Sekolah Dasar Islam

Terpadu Di Era Disrupsi. Jentre, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.38075/jen.v4i2.466

Sudarsono, S. (2019). Budaya Organisasi. Widya Balina, 4(2), 4052. https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.39

Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025

Sukartini, S., Andayani, S., & Dacholfany, I. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Guru Berkarakter Di Sma N 1 Raman Utara. Poace Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.24127/poace.v4i1.4124

Sunarni, S. (2017). Pengukuran Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p001

Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi. org/10.30738/mmp.v4i1.9892

Suroso, S., Haryati, Rr. T. S., & Novieastari, E. (2015). Pelayanan Keperawatan Prima Berbasis Budaya Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(1), 38–44.https://doi.org/10.7454/jki.v18i1.396

Suryati, S. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership,Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen

Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi).

Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 10021018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.768

Susanto, J. (2021). Komitmen Guru Dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri I Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30872/ jimpian.v1i1.462

Susilo, S., & Sutoyo, S. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal

Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 188. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2908

Sutarsih, S. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Organisasi Di SMP Negeri Pulau Lebar Musi Rawas Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan (Jmp), 11(1). https:// doi.org/10.26877/jmp.v11i1.5736

Syafi’i, A., Saied, M., & Hakim, A. R. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of 29 Economics and Business Ubs, 12(3), 1905–1912. https://doi.

org/10.52644/joeb.v12i3.237

Syafriani, Y., & Ramadhani, S. (2023). Budaya Organisasi Dan Dampak Organisasi Terhadap Lembaga Pendidikan. Masaliq, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i1.790

Syaifullah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal Di SMAN 3 Wera. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 4(1), 60–68. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.416

Syaifullah, S., Dewi, R., Ahsyar, T. K., & megawati, megawati. (2021). Budaya Organisasi Terhadap Kesuksesan Sistem

Administrasi Syariah Dengan Metode Ocai. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 63. https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11904

Syakir, M. J., & Pardjono, P. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 226–240. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6339

Timan, A., Mustiningsih, M., & Imron, A. (2022). Digital Leadership Kepala Sekolah Hubungannya Dengan Kinerja Guru Dan Kompetensi Siswa Era Abad 21. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 323–333. https://doi.

org/10.17977/um027v5i42022p323

Tripiawan, W., & Aurachman, R. (2019). Perbandingan Konsep Rekayasa Budaya Organisasi Model Pembentukan Kebiasaan, Shook, Dan Schein Pada Organisasi Proyek. J Ti Undip Jurnal Teknik Industri, 14(3), 139.https://doi.org/10.14710/ jati.14.3.139-148

Utaminingsih, S., & Rachmawaty, S. (2023). Peran Budaya Organisasi Dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Sosial

Guru PAUD. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6808–6817.https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5591

Wahira, W., Tolla, I., Hasan, H., Arazi, H., & HB, L. (2022). Peningkatan Kompetensi Manajerial Bagi Kepala Sekolah Sma

Dan SLB Di Sulawesi Barat. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 4993–5000. https://doi.org/10.53625/jabdi. 30 Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025

Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal

of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51

Wangi, B., Tuerah, P. R., Sumual, S. D. M., Hengkeng, N., Katili, S., & Mesra, R. (2023). Budaya Menjalani Rutinitas

Struktural Dalam Dunia Pendidikan Berdasarkan Sudut Pandang Sosiologis Dan Manajemen Pendidikan. Jupe Jurnal

Pendidikan Mandala, 8(2), 432. https://doi.org/10.58258/jupe. v8i2.5273

Wardani, P. K., & Triwiyanto, T. (2022). Meta Analisis Terhadap Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan. Jmie (Journal of Management in Education), 7(2), 57–66. https:// doi.org/10.30631/jmie.2022.72.57-66

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin

Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181

Widodo, D. S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), 896. https://doi. org/10.29406/jmm.v13i2.723

Willar, D., Linton, J., & Kaparang, R. (2015). Identifikasi Profil Budaya Organisasi Yang Mendukung Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4824

Wulandari, K. (2024). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Serta Prinsip Penting Dalam Guru Dan Manajemen Pendidikan. 2(02), 464–472. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i02.660

Yetri, Y. (2015). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Bandar Lampung. Lentera

Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 95106. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a8

Yulista, K., Samiha, Y. T., & Zarkasi, A. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi

Non Akademik Siswa SMP. Studia Manageria, 2(2), 129–148. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.6682

Yuniarsih, C., Anipah, A., Susanti, S., Azis, A., & Septialona, A. (2023). Menganalisis Kompentensi Pemimpin Perubahan

Di Era Perubahan Digital Dan Implementasi Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i1.528

Zakki, M., Maunah, B., & Patoni, A. (2023). Orientasi Dan Tujuan Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Nidhomiyyah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–68. https://doi.org/10.38073/ nidhomiyyah.v4i1.980

Zuhri, F. M. A., & Permanasari, K. I. (2019). Analisis Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan

Kinerja Karyawan Fis Universitas Negeri Malang. Ekonomi Bisnis, 24(2), 93. https://doi.org/10.17977/um042v24i2p93-103

Zuhriyah, A., & Supandi, D. (2022). Optimalisasi Gaya Kepempinan Kepala Sekolah Untuk Mendukung Terciptanya Green School. Jurnal Basicedu, 6(3), 3720–3728. https://doi.org/10.31004basicedu.v6i3.2705

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Rismawati, R., & Nugraha, M. (2025). Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Organisasi yang Adaptif terhadap Perubahan. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 10(1), 1–32. https://doi.org/10.14421/jkii.v10i1.1402

Issue

Section

Articles