Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Organisasi yang Adaptif terhadap Perubahan
DOI:
https://doi.org/10.14421/jkii.v10i1.1402Keywords:
Kepala Sekolah , Budaya Organisasi, Perubahan, Kepemimpinan , PendidikanAbstract
Perubahan yang cepat dalam dunia pendidikan menuntut sekolah untuk memiliki budaya organisasi yang adaptif dan responsif terhadap dinamika zaman. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk dan mengarahkan budaya tersebut agar selaras dengan tantangan dan kebutuhan yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam membangun budaya organisasi yang adaptif terhadap perubahan, dengan latar belakang pentingnya kepemimpinan yang visioner dalam menciptakan lingkungan sekolah yang fleksibel dan inovatif. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran kepala sekolah dalam membangun budaya organisasi yang adaptif terhadap perubahan di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri Bandung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memegang peran kunci dalam mendorong perubahan melalui
kepemimpinan yang visioner, penguatan nilai-nilai organisasi, serta penerapan komunikasi yang partisipatif. Budaya organisasi yang terbentuk mencerminkan nilai adaptasi, inovasi, dan kolaborasi, yang menjadi fondasi penting dalam menjawab tantangan perubahan.
[Rapid changes in the world of education require schools to have an organizational culture that is adaptive and responsive to the dynamics of the times. Principals as educational leaders have a strategic role in shaping and directing the culture to be in harmony with the ever-evolving challenges and needs. This research aims to examine the role of school principals in building an organizational culture that is adaptive to change, against the background of the importance of visionary leadership in creating a flexible and innovative school environment. The main question in this study is: What is the role of the principal in building an organizational culture that is adaptive to change at SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri Bandung? This study uses a qualitative approach with a case study method. The data was obtained through in-depth interviews with the principal as the main informant. The results show that school principals play a key role in driving change through visionary leadership, strengthening organizational values, and implementing participatory communication. The organizational culture that is formed reflects the values of adaptation, innovation, and collaboration, which are important foundations in answering the challenges of change].
Downloads


References
Abbas, A. (2019). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 12. https://doi.org/10.30863/ didaktika.v11i1.152
Alundra Amnala, K., Zahroul Fitriyah, C., & Ayu Puspitaningrum, D.(2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Nilai Karakter Kebhinnekaan Global Dalam Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PPKN Unit 3 Siswa Kelas Iv SDN Sekarputih 2 Bondowoso. Edustream Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p171-181
Anggreni, M. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2).https://doi. org/10.18592/ptk.v6i2.4101
Anjani, N., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 481–488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828
Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah Pada Pembentukan Karakter Religiusitas Pada Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 21 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/
educatio.v9i2.5104
Asmadi, I., Ilyas, A. A. R. M., Tirtajaya, A., Muctar, H. S., & Wahidin, D. (2022a). Kepemimpinan Pendidikan Di Tengah
Kompleksitas Perubahan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6050–6056.https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3444
Asri, K. H., Komariah, A., Meirawan, D., & Kurniady, D. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research and Development Journal of Education, 7(1), 01.https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7788
Astuti, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35673/ajmpi. v5i1.79
Bahri, A., Sahribulan, S., & M, W. H. (2022). Pelatihan Pengembangan Website Sekolah Bagi Guru Dan Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar Kabupaten Takalar. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3),1426–1431. https://doi. org/10.31004/cdj.v3i3.7817
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Karakter Peserta
Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Chandra, D., & Djunaidi, Z. (2022). Analisis Pengaruh Dimensi Safety Culture Terhadap Safety Culture Di Industri Petrokimia. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3622
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 20 Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29 Duman, M., Taat, M. S., & Abdullah, M. K. (2021). Pengaruh
Iklim Organisasi Ke Atas Sikap Guru Terhadap Perubahan Dalam Pendidikan Abad Ke-21. Malaysian Journal of Social
Sciences and Humanities (Mjssh), 6(6), 86–99. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i6.814
Fahma, N., Kusuma, A. A. S., P, H. J., Soemardjoko, B., & Narimo, S. (2024). Strategi Perubahan Inovatif Dalam Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Muhammadiyah. Ide guru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 13451350.https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.975
FITRIA, N., CHAIRY, A., & FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C. (2024). MENGURAI KOMPLEKSITAS BUDAYA ORGANISASI DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 136–142. https://doi. org/10.61116/jksm.v1i4.257
Fitriyanti, E., Soedjarwo, S., & Soholeh, M. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Mutu Di Madrasah Aliyah Amanatul Umma. Dharmas Education Journal (De_ journal), 5(1), 7483.https://doi.org/10.56667/dejournal. v5i1.1281
Hadju, L., & Adam, N. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bone Bolango. Publik Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2),125–135. https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.14
Hakim, L., & Sugiyanto, E. (2018). Manajemen Perubahan Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan Di Industri Batik Laweyan Surakarta. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1),49.https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.6562
Hamdan, H., Aprina, A., Rochman, M., Husnurijal, H., Eliana, L., & Rahmawati, I. (2023). Mengeksplorasi Implementasi
Kepemimpinan Adaptif Di Sekolah Islam Terpadu. Fastabiq Jurnal Studi Islam, 4(2), 185–199.https://doi.org/10.47281/ 23
Hamdani, H., & Mawardaniah, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 111. https://doi.org/10.31958/ atjpi.v2i2.4822
Hatta, I. H., & Rachbini, W. (2017). Budaya Organisasi, Insentif, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja Karyawan Pada Pt Avrist
Assurance. Jurnal Manajemen, 19(1), 74. https://doi. org/10.24912/jm.v19i1.106
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu
Pendidikan Melalui Program Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://
doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Hendra, H. depriansyah putra. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Terhadap Etos Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 7786. https://doi.org/10.21009/jmp.v11i2.11420
Hermanto, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Orientasi Strategis Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Peran Mediasi Knowledge Management (Studi Pada PDAM Di Nusa Tenggara Barat). Inobis Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 343–356.
https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.41
Himawan, E. N., Tobing, E. S., Setyawan, W., Yustika, R., Subandi, A., & Syarif, E. B. (2022). Mempelajari Faktor-Faktor
Yang Memengaruhi Efektivitas Kepemimpinan Di PT.XYZ. Diversity Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(3). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i3.8082
Hulkin, M., & Shaleh, S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Pada Abad 21. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1313–1319. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.814
Idris, R. (2013). Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Menuju Masyarakat Indonesia Seutuhnya. Lentera Pendidikan Jurnal 24 Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025. Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(1), 62–72. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a5
Imani, A., Hasanah, A. F., & Setiabudi, D. I. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Kelas Iii Tema Benda Di Sekitarku. Soko Guru Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.239
Jacobus, D. W. C., Setyaningsih, Y., & Arso, S. P. (2022). Analisis Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Yang Mendukung Terhadap Motivasi Melaporkan Insiden Keselamatan Pasien-Systematic Riview. An-Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 157. https://doi.org/10.31602/ann.v9i2.6842
Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Resistensi Pegawai Terhadap Perubahan Organisasi Di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. 1(1), 22–37.https://doi.org/10.62138/tuhenori.v1i1.8
Karmila, S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Iklim Organisasi Yang Kondusif. Manajer Pendidikan Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.21384
Kaviza, M. (2021). Aplikasi Kemahiran Belajar Dan Inovasi (4C) Dalam Kalangan Murid Sejarah: Satu Tinjauan Awal.
Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 5(6), 151–159. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i6.654
Kurnia, D., Ma’arif, M. N., Ribcha, P., & Usep, N. (2023). Konsep Budaya Organisasi Dan Perilaku Organisasi. Jurnal
Pelita Nusantara, 1(3), 386–392. https://doi.org/10.59996/ jurnalpelitanusantara.v1i3.289
Kurniadewi, Y. I., Hubeis, M., & Slamet, A. S. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Perubahan Organisasi, Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Manajemen Ikm.Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.29244/mikm.16.1.1-8
Kurniawan, A., & Tiarapuspa, N. (2023). Review Literatur Budaya Organisasi Dan Pelayanan Publik Dalam Penerapan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Instansi Pemerintahan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2247–2256. https://doi.org/10.25105/ jet.v3i2.16924
Lamirin, N., Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Penerapan Strategi Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kanderang 14(2), 400–409. https://doi.org/10.37304/jikt.
Lestari, A. K., Arifin, I., & Sunarni, S. (2021). Manajemen Budaya Sekolah Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 6(12), 1846.https://doi.org/10.17977/ jptpp.v6i12.15158
Maratul Qiftiyah, N., & Kusuma, Y. (2023). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.1565
María, ., Ahmadi, L. P., K, R. A. S., Tabun, M. A., Syakbani, B., Sudarni, A. A. C., Hariyanti, H., Nuryati, Suhadarliyah,
Sijabat, F. N., Amelia, D., Wati, K. M., Abadi, S. H. K., & Akib, S. (2022). Perilaku Dan Budaya Organisasi. https://doi.
org/10.31237/osf.io/pesw5
Mariana, M., Satrya, A., & Elu, W. B. (2021). Pengaruh Supervisory Behavior, Budaya Organisasi Dan Motivasi. SyntaxIdea, 3(6), 1370. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i6.1230
Muchsinati, E. S., & Mea, Y. L. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Etik Dan Budaya Organisasi Dengan Komitmen Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kinerja Organisasi. Maker Jurnal Manajemen, 8(1), 56–66. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.439
Mufida, T., & Lailiyah, N. (2023). Resitasi Untuk Menguatkan Metode Direct Instruction Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MA Balongrejo Sumobito Jombang. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(1), 53–66. https://doi.org/10.54437/
Muliartini, N. M., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, 26
Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.23887/ japi.v10i1.2786
Mulyaningsih, M. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Transformasi Budaya Organisasi Terhadap Manajemen Sekolah Untuk Mewujudkan Efektivitas Penggunaan Budaya Sharing Di Lingkungan Pendidikan (Survei Pada SMP Negeri Di Jawa Barat). Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (Jsab), 1(1), 57.https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.5
Muttagin, Z. (2017). Pengaruh Kompetensi Kepala SMP Dan Implementasi Manajemen Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah Pada SMP Negeri Di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(2).https://doi.org/10.17509/jap.v12i2.6377
Nena, M. F., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Dan
Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru Akuntansi Kejuruan Bisnis Dan Manajemen SMK Di Jakarta
Pusat). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 49–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40396
Noorsanti, N., Zamroni, Z., & Salehudin, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Leader Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 84–99.https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.2506
Oktavia, G., Hidayati, I. W., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Analisis Strategi Kepala Sekolah Dalam Menjalankan
Supervisi Pendidikan Di SDN 34/1 Teratai. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6523–6527. https://doi.org/10.54371/ jiip.v6i9.2783
Pinasthika, R. P., & Kaltsum, H. U. (2022). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6558–6566. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3304
Putra, A. E. (2024). Peran Mediasi Kinerja Perawat Pada Pengaruh Kepemimpinan Transformational Manajer Terhadap 27 Medication Safety Di Ruang Perawatan Inap Rumah Sakit Pekanbaru. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs Dr Soetomo, 10(1), 17. https://doi.org/10.29241/jmk.v10i1.1789
Raharso, S. (2018). Membangun Agilitas Organisasi Melalui Budaya Organisasi Dan Berbagi Pengetahuan. Matrik Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 139. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p06
Rahmadani, S., & Marsidin, S. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMK Negeri 10 Padang. Journal of Educational Administration Leadership, 3(3), 186–191.https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.271
Rismawati, R. (2024). Wawancara Kepala Sekolah SMA DTBS Putri Bandung, 18 November 2024.
Sagala, C., Wandini, R. R., & Sianipar, D. R. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMP IT Mutiara Sei
Mencirim Sunggal. Innovative Journal of Social Science Research, 3(6), 7733–7740. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7365
Samsilayurni, S. (2022). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Manajer Sekolah. 2(2), 101–108. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i2.284
Saragih, R. R. (2022a). Implikasi Budaya Organisasi Dan Manajemen Pengetahuan Di Lingkungan Pendidikan : Studi Literatur. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6077–6082. https:// doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3587
Saragih, R. R. (2022b). Implikasi Budaya Organisasi Dan Manajemen Pengetahuan Di Lingkungan Pendidikan : Studi Literatur. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6077–6082. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3587
Shalahudin, M., Mulyadi, L., M, E. F., & Tisatun, T. (2023). Kepemimpinan Perubahan Pada Sekolah Dasar Islam
Terpadu Di Era Disrupsi. Jentre, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.38075/jen.v4i2.466
Sudarsono, S. (2019). Budaya Organisasi. Widya Balina, 4(2), 4052. https://doi.org/10.53958/wb.v4i2.39
Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025
Sukartini, S., Andayani, S., & Dacholfany, I. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Guru Berkarakter Di Sma N 1 Raman Utara. Poace Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.24127/poace.v4i1.4124
Sunarni, S. (2017). Pengukuran Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 1–13. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p001
Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi. org/10.30738/mmp.v4i1.9892
Suroso, S., Haryati, Rr. T. S., & Novieastari, E. (2015). Pelayanan Keperawatan Prima Berbasis Budaya Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(1), 38–44.https://doi.org/10.7454/jki.v18i1.396
Suryati, S. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership,Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen
Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi).
Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 10021018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.768
Susanto, J. (2021). Komitmen Guru Dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri I Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30872/ jimpian.v1i1.462
Susilo, S., & Sutoyo, S. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal
Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 188. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2908
Sutarsih, S. R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Organisasi Di SMP Negeri Pulau Lebar Musi Rawas Utara. Jurnal Manajemen Pendidikan (Jmp), 11(1). https:// doi.org/10.26877/jmp.v11i1.5736
Syafi’i, A., Saied, M., & Hakim, A. R. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of 29 Economics and Business Ubs, 12(3), 1905–1912. https://doi.
org/10.52644/joeb.v12i3.237
Syafriani, Y., & Ramadhani, S. (2023). Budaya Organisasi Dan Dampak Organisasi Terhadap Lembaga Pendidikan. Masaliq, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i1.790
Syaifullah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Tenaga Kependidikan Berbasis Kearifan Lokal Di SMAN 3 Wera. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 4(1), 60–68. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.416
Syaifullah, S., Dewi, R., Ahsyar, T. K., & megawati, megawati. (2021). Budaya Organisasi Terhadap Kesuksesan Sistem
Administrasi Syariah Dengan Metode Ocai. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(1), 63. https://doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11904
Syakir, M. J., & Pardjono, P. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 226–240. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6339
Timan, A., Mustiningsih, M., & Imron, A. (2022). Digital Leadership Kepala Sekolah Hubungannya Dengan Kinerja Guru Dan Kompetensi Siswa Era Abad 21. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 323–333. https://doi.
org/10.17977/um027v5i42022p323
Tripiawan, W., & Aurachman, R. (2019). Perbandingan Konsep Rekayasa Budaya Organisasi Model Pembentukan Kebiasaan, Shook, Dan Schein Pada Organisasi Proyek. J Ti Undip Jurnal Teknik Industri, 14(3), 139.https://doi.org/10.14710/ jati.14.3.139-148
Utaminingsih, S., & Rachmawaty, S. (2023). Peran Budaya Organisasi Dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Sosial
Guru PAUD. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6808–6817.https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5591
Wahira, W., Tolla, I., Hasan, H., Arazi, H., & HB, L. (2022). Peningkatan Kompetensi Manajerial Bagi Kepala Sekolah Sma
Dan SLB Di Sulawesi Barat. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 4993–5000. https://doi.org/10.53625/jabdi. 30 Vol. 10 Nomor 1, Januari-Juni 2025
Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal
of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51
Wangi, B., Tuerah, P. R., Sumual, S. D. M., Hengkeng, N., Katili, S., & Mesra, R. (2023). Budaya Menjalani Rutinitas
Struktural Dalam Dunia Pendidikan Berdasarkan Sudut Pandang Sosiologis Dan Manajemen Pendidikan. Jupe Jurnal
Pendidikan Mandala, 8(2), 432. https://doi.org/10.58258/jupe. v8i2.5273
Wardani, P. K., & Triwiyanto, T. (2022). Meta Analisis Terhadap Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan. Jmie (Journal of Management in Education), 7(2), 57–66. https:// doi.org/10.30631/jmie.2022.72.57-66
Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin
Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181
Widodo, D. S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), 896. https://doi. org/10.29406/jmm.v13i2.723
Willar, D., Linton, J., & Kaparang, R. (2015). Identifikasi Profil Budaya Organisasi Yang Mendukung Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4824
Wulandari, K. (2024). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Serta Prinsip Penting Dalam Guru Dan Manajemen Pendidikan. 2(02), 464–472. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i02.660
Yetri, Y. (2015). Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Bandar Lampung. Lentera
Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 95106. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a8
Yulista, K., Samiha, Y. T., & Zarkasi, A. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi
Non Akademik Siswa SMP. Studia Manageria, 2(2), 129–148. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.6682
Yuniarsih, C., Anipah, A., Susanti, S., Azis, A., & Septialona, A. (2023). Menganalisis Kompentensi Pemimpin Perubahan
Di Era Perubahan Digital Dan Implementasi Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i1.528
Zakki, M., Maunah, B., & Patoni, A. (2023). Orientasi Dan Tujuan Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Nidhomiyyah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–68. https://doi.org/10.38073/ nidhomiyyah.v4i1.980
Zuhri, F. M. A., & Permanasari, K. I. (2019). Analisis Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan
Kinerja Karyawan Fis Universitas Negeri Malang. Ekonomi Bisnis, 24(2), 93. https://doi.org/10.17977/um042v24i2p93-103
Zuhriyah, A., & Supandi, D. (2022). Optimalisasi Gaya Kepempinan Kepala Sekolah Untuk Mendukung Terciptanya Green School. Jurnal Basicedu, 6(3), 3720–3728. https://doi.org/10.31004basicedu.v6i3.2705