Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Pengembangan EQ Dan SQ Di SMA N 4 Kota Magelang
DOI:
https://doi.org/10.14421/jkii.v6i1.1144Keywords:
ROHIS, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan SpiritualAbstract
Penelitian ini mengkaji kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 4 Magelang dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual SMA N 4 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data, berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini, yakni ROHIS sebagai lembaga yang ada di sekolahan yang memiliki kegiatan-kegiatan keagamaan. Kegiatan tersebut berimplikasi pada pengembangan pengetahuan dan wawasan agama Islam peserta didik yang kurang tergarap pada kegiatan-kegiatan pembelajaran Pendidikan agama Islam di kelas. ROHIS juga membantu siswa dalam menggali potensi diri, kreativitas, pengalaman keagamaan dan menguatkan keimanan.
[The paper examines extracurricular at SMA N 4 Magelang in developing emotional intelligence and spiritual intelligence. The study uses a qualitative approach in the field (field research). Data collection techniques, in the form of observation, documentation, and interviews. The conclusion talks ROHIS as an institution in schools that have religious activities. These activities have implications for the development of knowledge and insight into spiritual faith students who have not been explored in religious worship with learning activities in the classroom. ROHIS also helps students to explore their potential, creativity, religious experiences and strengthen their faith.]
Downloads
References
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual, ESQ (Emotional Spiritual Quotient): Berdasarkan 6 rukun Iman dan 5 rukun Islam. Arga, 2001.
Alwi, Hasan. “Kamus besar bahasa Indonesia,” 2007.
Badan Litbang dan Diklat Kemenag Agama. Dialog. Jakarta, 2011.
Goleman, Daniel. Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama, 2000.
“Karakteristik Kecerdasan Spiritual,” 28 Mei 2018. http//www. muthahari. or.id/doc/artikel/ sqanak. htiml.
Mubayidh, Makmun. “Kecerdasan dan kesehatan emosional anak.” Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Nggermanto, Agus. Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum): Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dam SQ yang Harmonis. Bandung: Nuansa, 2008.
Noer, Ali, Syahraini Tambak, dan Harun Rahman. “Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2, no. 1 (2017): 21–38.
Shapiro, Lawrence E. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia, 1999.