Perencanaan dan Analisis E-Book Interaktif Materi ASEAN
DOI:
https://doi.org/10.14421/jiska.2018.23-01Abstract
Upaya meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah terus melakukan berbagai macam perbaikan. Kurikulum yang tengah berkembang saat ini adalah kurikulum 2013 yang menuntut kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran yaitu belum dimanfaatkannya sumber belajar secara maksimal, baik oleh guru maupun siswa. e-book dapat digunakan sebagai sumber belajar. e-Book merupakan buku dalam format elektronik berisikan informasi yang dapat berwujud teks, gambar, video dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-book interaktif pada materi ASEAN untuk siswa SMA kelas XII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-book interaktif pada materi ASEAN diuji cobakan secara terbatas oleh ahli media. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MLDC). Pada tahap Concept menentukan tujuan, sasaran pengguna, dan analisis kebutuhan. Tahap Design membuat storyboard. Tahap Obtaining Content Material mempersiapkan segala bahan dan materi. Tahap Assembly pada e-book interaktif ini menggunakan Adobe Indesign CS6. Tahap Testing melakukan pengujian oleh ahli media. Pada tahap Distribution, e-book interaktif akan dipublikasi CD. Adapun analisis kelayakan e-book interaktif pembelajaran ASEAN dilakukan dengan memberikan lembar evaluasi ke ahli media. Perhitungan analisis kelayakan menggunakan skala likert. Hasil rata-rata analisis kelayakan yang diperoleh ialah 3.7 sehingga e-book interaktif pembelajaran ASEAN layak untuk di distribusika atau dipublikasi.
References
Muslim, M. A., & Retno, N. A. (2014). Implementasi Cloud Computing Menggunakan
Metode Pengembangan Sistem Agile. Scientific Journal of Informatics, Vol. 1, No. 1, 31-38.
Syafrizal, A., Ernawati, & Dwiandiyanta, B. Y. (Mei 2015). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Scientific Journal of Informatics Vol. 2, No. 1, 9-14.
Alfian, Magdalia. 2007. ‘Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi’. Makalah.
Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007
Prastiwi, Putri. 2010. Pengembangan e-Book interaktif pada materi pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi dan elektrokimia. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kristyaningsih, B., Saputro, S., & R., S. B. (2015). Pengembangan E-Book Kimia Berorientasi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI Kimia SMA/MA Semester II. Jurnal Inkuiri Vol 4, No. I, 131-137.
Putra, I. E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan
Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, 20-25.
Sutopo, Hadi. 2009.Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia
Khususnya Puzzle Game pada Mata Kuliah Multimedia. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms as stated in http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.