Pengukuran dan Kualitas Perangkat Lunak Website “Linkedin” Menggunakan Metode Function Point Analysis

Authors

  • Cataryana Lenny Dwi Rizka Universitas Ma Chung
  • Fitri Shinta Dewi Universitas Ma Chung
  • Soetam Rizky Wicaksono Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.14421/jiska.2018.32-02

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui ukuran kemajuan teknologi website LinkedIn yang merupakan salah satu jejaring sosial untuk kepentingan korporasi. LinkedIn merupakan tempat bagi sarjana untuk menemukan pekerjaan terbaik sesuai pendidikan yang telah ditekuni. Dalam penelitian ini digunakan teori dari Allan Albrecht yang tetap dikembangkan oleh International Function Point User Goup (IFPUG) dan akan menggunakan metode pengukuran terkenal yaitu Function Point Analysis (FPA) sebagai cara untuk menghitung serta memperkirakan hasil pengukuran dari website LinkedIn. Pengukuran ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi pengembangan pada website LinkedIn yang merupakan sebuah website besar dan sangat banyak diminati oleh pengguna internet. Di hasil akhir penelitian diharapkan dapat mengetahui angka kemudahan akses pemakaian website LinkedIn terhadap pengguna dengan menggunakan rumus Crude Function Points (CFP), mengetahui bagaimana dan seberapa besar kompleksitas dari website LinkedIn dengan menggunakan rumus Relative Complexity Adjustment Factor (RCAF), yang kemudian hasil dari perhitungan rumus CFP dan RCAF  akan langsung diimplementasikan pada rumus pengukuran FPA.

References

Bachtiar, A. M. et al. (2007) ‘Vol.11 No. 2’, 11(2), pp. 224–233.

Dahlan, U. A., Sariyanti, S. and Soepomo, J. P. (2017) ‘Kakas Estimasi Perangkat Lunak Menggunakan Function Point dan Use Case Point untuk Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak di’, 3(1), pp. 85–91.

Irawati, A. R. and Mustofa, K. (2013) ‘Pengukuran Fungsionalitas Perangkat Lunak Menggunakan Metode Function Point Berdasarkan Dokumentasi Desain’, 7(2), pp. 111–120. doi: 10.22146/ijccs.3348.

Letelay, K. and SN, A. (2012) ‘Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Dengan Metrics Berorientasi Objek’, 2012(semnasIF), pp. 139–145.

Mulyanto, A. (2016) ‘Pengujian Sistem Informasi Akademik Menggunakan McCall’s Software Quality Framework’, Jurnal Informatika Sunan Kalijaga, 1(1), pp. 47–57.

Ardiansyah R (2013) Sejarah LinkedIn ~ E-Bussines. Available at: http://ekibussines.blogspot.com/2016/03/sejarah-linkedin.html (Accessed: 6 December 2018).

Aulia Kushardini (2014) 5 Alasan Kenapa Mahasiswa yang Nggak Punya LinkedIn Adalah Golongan yang Merugi. Available at: https://www.hipwee.com/sukses/5-alasan-kenapa-mahasiswa-yang-tidak-memakai-linkedin-termasuk-golongan-yang-merugi/ (Accessed: 6 December 2018).

Tempo.co (2017) Pengguna LinkedIn di Indonesia Capai 8 Juta - Tekno Tempo.co. Available at: https://tekno.tempo.co/read/869469/pengguna-linkedin-di-indonesia-capai-8-juta/full&view=ok (Accessed: 6 December 2018).

Widiartono H Yoga (2016) Microsoft Rampungkan Akuisisi LinkedIn - Kompas.com, kompas.com. Available at: https://tekno.kompas.com/read/2016/12/09/09061777/microsoft.rampungkan.akuisisi.linkedin (Accessed: 6 December 2018).

Downloads

Additional Files

Published

2019-06-11

How to Cite

Rizka, C. L. D., Dewi, F. S., & Wicaksono, S. R. (2019). Pengukuran dan Kualitas Perangkat Lunak Website “Linkedin” Menggunakan Metode Function Point Analysis. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 3(2), 79–83. https://doi.org/10.14421/jiska.2018.32-02