Perancangan Model Pengenalan Kebudayaan Papua Secara Interaktif Berbasis Android

Authors

  • Abd Rachman Dayat STMIK Umel Mandiri
  • Liza Angriani STMIK Umel Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.14421/jiska.2020.51-06

Abstract

Papua yang merupakan provinsi terbesar di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan budaya tersendiri yang menjadikannya tempat yang bagus untuk berwisata, namun belum banyak diketahui oleh masyarakat. Saat ini dengan seiring perkembangan zaman muncul teknologi Augmented Reality yang mampu menggabungkan antara dunia nyata dan maya yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan kebudayaan Papua khususnya kerajinan khas Papua sehingga masyarakat dapat belajar mengenal kerajinan khas Papua dengan lebih interaktif dan menarik. Dengan perkembangan smartphone berbasis Android, memperkenalkan dan melestarikan kerajinan khas Papua dengan Augmented Reality merupakan salah satu cara efektif yang mampu mengajak masyarakat mengenal tentang budaya Papua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model Pengenalan Kebudayaan Papua Secara Interaktif Berbasis Android sehingga bisa membantu masyarakat mengenal kebudayaan Papua khususnya kerajinan khas Papua. Metode penelitian ini ada beberapa tahap yaitu pengumpulan data tentang kerajinan khas Papua, kemudian membuat model 3 (tiga) dimensi dari kerajinan khas Papua. Tahap selanjutnya adalah merancang sistem menggunakan Augmented Reality yang dapat berjalan pada device dengan sistem operasi Android serta memunculkan obyek 3 (tiga) dimensi dalam bentuk Augmented Reality. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality mampu mengenalkan kerajinan khas Papua melalui perangkat dengan sistem operasi Android.

References

Aditya Rizki Yudiantika, Eko Suripto Pasinggi, Irma Permata Sari, dan Bimo Sunarfri Hantono. 2013. Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Pengunjung Museum. FakultasTeknik, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Andi Permata Putra dan Winarti. 2017. Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Jawa Tengah Menggunakan Augmented Reality. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma: Jakarta.

AR. Dayat, A. Michael, dan L. Angriani. 2015. Pengaturan Tata Letak Furniture Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IT. Volume 6 No. 1, Hal. 36 – 41.

A. Widiastono dan L. Angriani. 2018. Analisis dan Evaluasi Sistem Informasi Geografis Pariwisata Propinsi Papua. Ilkom Jurnal Ilmiah. Volume 10 No. 1, Hal. 33 – 37.

GFFD Setyawan, H Wintolo, dan Y Indrianingsih. 2018. Pengembangan Layanan Penyebaran Informasi Akademik Berbasis Android. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga). Volume 2 No. 3, Hal. 151 – 156.

Murya, Yosef. 2014. Pemrograman Android Black Box. Jasakom: Jakarta.

Prita Haryani dan Joko Triyono. 2017. Augmented Reality (AR) sebagai Teknologi Interaktif dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya kepada Masyarakat. Jurnal SIMETRIS. Volume 8 No. 2, Hal. 807 – 812.

R. Wirawan. 2018. Aplikasi Virtual Iklan Perumahan Dengan Sistemaugmented Reality. Ilkom Jurnal Ilmiah. Volume 10 No. 1, Hal. 11 – 16.

Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemrograman Apliaksi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika: Bandung.

Downloads

Published

2020-05-19

How to Cite

Dayat, A. R., & Angriani, L. (2020). Perancangan Model Pengenalan Kebudayaan Papua Secara Interaktif Berbasis Android. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 5(1), 42–55. https://doi.org/10.14421/jiska.2020.51-06

Issue

Section

Articles