Perancangan Model Pengenalan Kebudayaan Papua Secara Interaktif Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.14421/jiska.2020.51-06Abstract
Papua yang merupakan provinsi terbesar di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan budaya tersendiri yang menjadikannya tempat yang bagus untuk berwisata, namun belum banyak diketahui oleh masyarakat. Saat ini dengan seiring perkembangan zaman muncul teknologi Augmented Reality yang mampu menggabungkan antara dunia nyata dan maya yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan kebudayaan Papua khususnya kerajinan khas Papua sehingga masyarakat dapat belajar mengenal kerajinan khas Papua dengan lebih interaktif dan menarik. Dengan perkembangan smartphone berbasis Android, memperkenalkan dan melestarikan kerajinan khas Papua dengan Augmented Reality merupakan salah satu cara efektif yang mampu mengajak masyarakat mengenal tentang budaya Papua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model Pengenalan Kebudayaan Papua Secara Interaktif Berbasis Android sehingga bisa membantu masyarakat mengenal kebudayaan Papua khususnya kerajinan khas Papua. Metode penelitian ini ada beberapa tahap yaitu pengumpulan data tentang kerajinan khas Papua, kemudian membuat model 3 (tiga) dimensi dari kerajinan khas Papua. Tahap selanjutnya adalah merancang sistem menggunakan Augmented Reality yang dapat berjalan pada device dengan sistem operasi Android serta memunculkan obyek 3 (tiga) dimensi dalam bentuk Augmented Reality. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality mampu mengenalkan kerajinan khas Papua melalui perangkat dengan sistem operasi Android.
References
Aditya Rizki Yudiantika, Eko Suripto Pasinggi, Irma Permata Sari, dan Bimo Sunarfri Hantono. 2013. Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Pengunjung Museum. FakultasTeknik, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Andi Permata Putra dan Winarti. 2017. Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Jawa Tengah Menggunakan Augmented Reality. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma: Jakarta.
AR. Dayat, A. Michael, dan L. Angriani. 2015. Pengaturan Tata Letak Furniture Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IT. Volume 6 No. 1, Hal. 36 – 41.
A. Widiastono dan L. Angriani. 2018. Analisis dan Evaluasi Sistem Informasi Geografis Pariwisata Propinsi Papua. Ilkom Jurnal Ilmiah. Volume 10 No. 1, Hal. 33 – 37.
GFFD Setyawan, H Wintolo, dan Y Indrianingsih. 2018. Pengembangan Layanan Penyebaran Informasi Akademik Berbasis Android. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga). Volume 2 No. 3, Hal. 151 – 156.
Murya, Yosef. 2014. Pemrograman Android Black Box. Jasakom: Jakarta.
Prita Haryani dan Joko Triyono. 2017. Augmented Reality (AR) sebagai Teknologi Interaktif dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya kepada Masyarakat. Jurnal SIMETRIS. Volume 8 No. 2, Hal. 807 – 812.
R. Wirawan. 2018. Aplikasi Virtual Iklan Perumahan Dengan Sistemaugmented Reality. Ilkom Jurnal Ilmiah. Volume 10 No. 1, Hal. 11 – 16.
Safaat H, Nazruddin. 2012. Pemrograman Apliaksi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika: Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms as stated in http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.