PERGUMULAN ORTODOKSI ISLAM DAN BUDAYA JAWA MENURUT KH. ALI MAKSUM

Fauziah Salamah(1)
(1)

Abstract

Ortodoksi Islam yang datang dari tanah Arab ke Indonesia berhadapan dengan budaya Jawa yang sudah mengakar dan mentradisi dalam masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan kearifan dalam memahami pergumulan diantara keduanya supaya dapat mensikapinya secara tepat. Kearifan lokal dibutuhkan dalam menginteraksikan Islam sebagai agama dan budaya baru dalam masyarakat yang sudah lama hidup di dalam tradisi dan budayanya. Demikian pula untuk memahami Islam dalam konteks budaya Jawa, dibutuhkan kearifan aktor yang memiliki capital yang mumpuni di dalam field yang sesuai. KH. Ali Maksum adalah seorang tokoh yang mampu mengakomodir budaya-budaya Jawa dengan pemahamannya terhadap Islam sehingga tidak mengalami benturan yang merugikan kedua belah pihak. Dengan menggunakan pendekatan sosial Pierre Bourdieu, Penelitian ini mengkaji pemikiran KH. Ali Maksum dalam memahami dan mensikapi pergumulan ortodoksi Islam dan budaya Jawa. Beberapa pemikiran KH. Ali Maksum yang dapat dijadikan sebagai pendekatan alternatif dalam memahami dan mensikapi pergumulan ortodoksi Islam dan budaya Jawa adalah: dalam bidang keagamaan KH. Ali Maksum menggunakan pendekatan Manhaj Ushuli ulama’ mazhab, dalam bidang politik KH. Ali Maksum menggunakan pendekatan Revelational, dalam bidang sosial, KH. Ali Maksum menggunakan pendekatan Humanistik. Dengan demikian, pergumulan ortodoksi Islam dan budaya Jawa justru menunjukkan perkembangan Islam
PERGUMULAN ORTODOKSI ISLAM DAN BUDAYA JAWA MENURUT KH. ALI MAKSUM Fauziah Salamah
fauziahsalamah87@gmail.com Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta
54 Fauziah Salamah, Pergumulan Ortodoksi Islam dan Budaya Jawa ... (53-72)
dalam berbagai bidang, tidak hanya dalam bidang keagamaan, namun juga bidang politik dan sosial.

Full text article

Generated from XML file

References

Adib Mohammad , “Agen dan Struktur dalam Pandangan Pierre Bourdieu”

Al-Makin, Keragaman dan Perbedaan : Budaya dan Agama dalam Lintas Sejarah Manusia, Suka-Press, Yogyakarta: 2016.

Athoillah Ahmad, KH. Ali Maksum Ulama Pesantren dan NU. LKiS, Yogyakarta : 2019.

Baik Hudlori, Tarikh Tasyri’ Al-Islamy, Daar Al-Kutb Al-’Ilmiyah, Beirut: 1971.

Geertz Cliffort, Agama Jawa, terj. Aswab Mahasin & Bur Rasuanto, cet. III, Komunitas Bambu: Depok, 2017.

Haryanto Sindung, Sosiologi Agama, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta 2015.

Jenkins Richard, Membaca Pikiran Pierre Bourdieu, Kreasi Wacana Yogyakarta 2016.

Jones Pip, Liza Bradbury, Shaun Le Boutillier, Pengantar Teori-Teori Sosial.

Kuntowijoyo, Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia, IRCiso, Yogyakarta: 2017.

Maksum Ali, Hujjah Ahlussunnah wal jamaah, t.tp.t.th.

Shalih Subhi , Mabahits fi ulumil Qur’an. Dar al-’ilm lil Malayain, Beirut, 1977.

Shodiqin Ali, Antropologi Al-Qur’an Model Dialektika Wahyu dan Budaya, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta: 2012.

Sutopo Henry, Catatan Seorang Santri, Lkis: Yogyakarta, 2019.

Suwardi Endraswara, Falsafah Hidup Jawa:Menggali Mutiara Kebijakan dari Intisari Kejawen. Cakrawala, Yogyakarta, 2018.

Authors

Fauziah Salamah
fauziahsalamah87@gmail.com (Primary Contact)
Salamah, F. (2019). PERGUMULAN ORTODOKSI ISLAM DAN BUDAYA JAWA MENURUT KH. ALI MAKSUM. Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 53-72. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1879

Article Details

How to Cite

Salamah, F. (2019). PERGUMULAN ORTODOKSI ISLAM DAN BUDAYA JAWA MENURUT KH. ALI MAKSUM. Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 7(1), 53-72. https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v7i1.1879