The Nisbah of Indomaret Musyarakah Franchise in Indonesia: MUI Approach

Inna Fauzi(1)
(1) (Scopus ID: 57811063100) Institut Agama Islam Negeri Kudus

Abstract

Abstract: The retail industry is an Indonesian business that provides basic needs and daily needs. This industry is engaged in a promising trading business. Conducting joint ventures with the public and business entities who wish to open a business in the field of trade (business retail) with a franchise system. On the other hand, the concept of cooperation promoted by the DSN MUI fatwa No. 08/DSN-MUI/IV/2000 must also continue to be applied for the realization of the Musyarakah concept. The purpose of this study was to find out how the calculation of the musharaka ratio of retail products at Indomaret in Kudus and how to analyze the fatwa of DSN MUI No 08/DSN-MUI/IV/2000 on the implementation system of calculating the musharaka ratio of retail products at Indomaret in Kudus. This study uses a qualitative descriptive method with a juridical-empirical approach. The results showed that the calculation of the musharaka ratio for retail products at Indomaret in Kudus was not in accordance with Islamic law through the fatwa of DSN MUI No 08/DSN-MUI/IV/2000 on the principle of Distribution of Business Results. In addition, the implementation system for calculating the musharaka ratio for retail products at Indomaret in Kudus tends to be subjective, not as in the Qur'an letter an-Nahl:9.

Abstrak: Industri ritel merupakan bisni Indonesia yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Industri ini bergerak dalam bidang usaha perdagangan yang cukup menjanjikan Mengadakan kerja sama (joint venture) dengan masyarakat dan badan usaha yang ingin membuka usaha dalam bidang perdagangan (businessretail) dengan sistem waralaba. D isisi lain, konsep kerja sama yang diusung oleh fatwa DSN MUI No 08/DSN-MUI/IV/2000 juga harus berus diterapkan demi terwujudnya konsep Musyarakah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perhitungan nisbah musyarakah produk retail pada Indomaret di Kudus serta bagaimana analisa fatwa DSN MUI No 08/DSN-MUI/IV/2000 terhadap sistem pelaksanaan perhitungan nisbah musyarakah produk retail pada Indomaret di Kudus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis-empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perhitungan nisbah musyarakah produk retail pada Indomaret di Kudus tidak sesuai dengan Hukum Islam melalui fatwa DSN MUI No 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang prinsip Distribusi Hasil Usaha. Selain itu, sistem pelaksanaan perhitungan nisbah musyarakah produk retail pada Indomaret di Kudus cenderung bersifat subjektif tidak sebagaimana dalam al-Qur’an surat an-Nahl ayat 9.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdul Haris Romdhoni, Ferlangga El Yozika. “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah Dan Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 4, no. 3 (2018).

Abdullah, Marie and, Septarina Budiwati. “Analisis Implementasi Supporting Management Pada Perjanjian Franchise Di Markobar.” Universitas Muhammadiyah Surakarta., 2019.

Andi Nur Afifah, Sohrah, Muslimin Kara. “Royalty Fee Bisnis Waralaba Ritel Di Kota Makassar Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Royalty Fee of Retail Franchise Business in the City of Makassar at Perspective of Sharia Economic Law.” Nuhkbatul ’Ulum: Jurnal Bidang Kajian 7, no. 1 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.36701/nukhbah.v7i1.296.

Awaluddin Awaluddin, Andis Febrian. “Kedudukan Fatwa DSN-MUI Dalam Transaksi Keuangan Pada Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia.” Al Hurriyah: Jurnal Hukum Islam 5, no. 2 (2020). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/alhurriyah.v5i2.3366.

Baharun, Hasan, and Harisatun Niswa. “Syariah Branding ; Komodifikasi Agama Dalam Bisnis Waralaba Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Cyber Physical System ( CPS ) Dan Internet of Things and Services Sertamampu Menaikkan Efsiensi Manufaktur Dan Kualitas Produk . Dunia Perekonomian Di Indonesia . D.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 13, no. 1 (2019): 75–98.

Baoqin Yu, Jun Wang, Xinman Lu, Hongtao Yang. “Collaboration in a Low-Carbon Supply Chain with Reference Emission and Cost Learning Effects: Cost Sharing versus Revenue Sharing Strategies.” Journal Cleaner Production 250, no. 20 (2020).

Damayanti, Evi. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Eksistensi Minimarket Alfamart Dan Indomaret Di Indonesia.” Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam 11, no. 2 (2019).

Febriano Clinton Polla, Lisbeth . Mananeke, Rita N. Taroreh. “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada pt. Indomaret manado unit jalan sea.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 6, no. 4 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224.

Febrianti, V S, I Khuroydi, and Angga Setiawan. “Transformasi Pelayanan Publik Melalui Digital Governance (Studi Pendayagunaan Website Rampak Pintar Di Desa Kesambi Rampak Situbondo).” Prosiding Simposium Nasional, 2020, 464–92.

Hamidi. “Analisis Pembiayaan Musyarakah Terhadap Laba Bersih Pada PT Bank Muamalat Indonesia.” Jurnal Measurement 8, no. 3 (2014): 32–40.

Hanim, Lathifah. “Perlindungan Hukum Haki Dalam Perjanjian Waralaba Di Indonesia.” Jurnal Hukum 26, no. 2 (2011). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26532/jh.v26i2.210.

Hari Sutra Disemadi, cindy Kang. “Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Komunikasi Hukum 7, no. 1 (2021): 87. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31457.

Hayati, Isra, and Silvi Rahmayani Hasibuan. “The Effect Of Mudharabah And Musyarakah Financing On Return On Equity In Syariah Banks In.” Proceeding International Seminar on Islamic Studies 2, no. 1 (2021): 374–82.

Hermansyah, Hermansyah. “Implementasi Metode Bagi Hasil Dengan Prinsip Mudharabah Pada Bank Syariah Di Indonesia Dihubungkan Dengan Fatwa DSN NO. 15/DSN-MUI/IX/2000.” Jurnal Hukum Mimbar Justitia 4, no. 1 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jhmj.v4i1.350.

Ifada Qurrata A’yun Amalia, Endang Prasetyawati. “Karakteristik Asas Proporsionalitas Dalam Pembentukan Klausul Perjanjian Waralaba.” Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune 2, no. 2 (2019): 176.

Irvan Muhamad Rizky, Azib. “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Murabahah Dan Musyarakah Terhadap Return On Assets.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 1, no. 1 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i1.35.

Kadir, A. Hukum Bisnis Syariah Dalam Al-Quran. Jakarta: Amzah, 2013.

Khairi, Awalul. “Analisis Industri Ritel Di Kota Padang Tanpa Keberadaan Dua Waralaba Ritel Indomaret Dan Alfamart.” Journal Of Science Education And Managements Business 1, no. 1 (2021).

Kohari Amaludin, and Dewi Fatmasari, and Abdul Fatakh. “Kontrak Kerja sama Dan Bagi Hasil Bisnis Franchise Agen Tiki Sumber Kabupaten Cirebon Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 4, no. 1 (2019): 75–83.

Latif, Chefi Abdul. “Pembiayaan Mudharabah Dan Pembiayaan Musyarakah Di Perbankan Syariah.” Aksy: Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah 2, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/aksy.v2i1.7857.

Lestario, Febrilian. “Dampak Pertumbuhan Bisnis Franchise Waralaba Minimarket Terhadap Perkembangan Kedai Tradisional Di Kota Binjai.” Jurnal Manajemen Tools 7, no. 1 (2017).

M. Hawin, Budi Agus Riswandi. Isu-Isu Penting Hak Kekayaan Intelektual Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2020.

Moh Erfan Arif, Rila Anggraeni, Rila Aggraeni, Risca Fitri Ayuni. Bisnis Waralaba. malang: UB Press, 2021.

Nasution, Rahmayati. “Optimalisasi Skema Bagi Hasil Sebagai Solusi Pembiayaan Berdasarkan Prinsip Bagi Hasil Bank Syariah Di Indonesia.” Kumpulan jurnal dosen universitas muhammadiyah sumatera utara, 2017, 19.

Netral, Hanan. “Pengertian Bisnis Dan Tujuan Bisnis.” hariannetral.com, 2022. https:/hariannetral/pengertian-bisnis-dan-tujuan-bisnis.com.

Norvadewi, Akhmad Nur Zaroni. “Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah.” AL TIJANI: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, no. 2 (2019).

Purnomo, Listiya Ike. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Industri Jasa Sektor Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015.” Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia 1, no. 1 (2018): 83.

Ranaswijaya, Ranaswijaya. “Implementasi Konsep Bagi Hasil Produk Pembiayaan Ditinjau Dari Fatwa DSN-MUI Nomor 14 DAN 15 Tahun 2000 (Study Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Curup).” Disclosure: Journal of Accounting And Finance 1, no. 1 (2021): 2021. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/disclosure.v1i1.2932.

Riyan Pradesyah, Nur Aulia. “Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Pada PT. Bank Syariah Mandiri.” Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam 3, no. 1 (2021). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Faghniya.v3i1.5852.

Santosa, Eko Budi. “Perjanjian Waralaba Dalam Kegiatan Jenis Usaha Ritel.” Sapientia et Virtus 3, no. 2 (3AD). https://doi.org/https://doi.org/10.37477/sev.v3i2.181.

Slamet Hartanto, Devid Frastiawan Amir Sup. “Konsep Hybrid Contract Di Indonesia Dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI.” Journal of Islamic Economics and Finance Studies 3, no. 1 (2022): 43.

Sultoni, Hasan. “Tinjauan Kritis Hadits Tentang Prinsip Distribusi (Revenue Sharing Dan Profit Sharing) Dalam Fatwa DSN-MUI NO 15/DSN-MUI/IX/2000.” Jurnal Eksyar 5, no. 1 (2018): 1–19.

Tanjung, Annisyah Amelia Hafni. “Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Pasar Tradisional Terkait Keberadaan Pasar Ritel Modern Dengan Pola Waralaba (Studi Di Barus, Tapanuli Tengah).” Universitas Umatera Utara, 2020.

Tao li, Rong Zhang, Senlin Zhao, Bin Liu. “Low Carbon Strategy Analysis under Revenue-Sharing and Cost-Sharing Contracts.” Journal of Cleaner Production 212, no. 1 (2019): 1462–77.

Vista Qonitah Qotrun Nuha, Ade Sofyan Mulazid*. “Pengaruh Npf, Bopo Dan Pembiayaan Bagi Hasil Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia.” Al-Uqud: Journal of Islamic Economics 2, no. 95 (2018): 168–82.

Wawancara dengan mitra bisnis waralaba di Kabupaten Kudus pada tanggal 24 Maret 2022.

Wawancara dengan mitra bisnis waralaba di Kabupaten Kudus pada tanggal 4 April 2022.

Authors

Inna Fauzi
innafauz11@gmail.com (Primary Contact)
Fauzi, I. (2022). The Nisbah of Indomaret Musyarakah Franchise in Indonesia: MUI Approach. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 14(2), 261-283. https://doi.org/10.14421/azzarqa.v14i2.2733
Copyright and license info is not available

Article Details

How to Cite

Fauzi, I. (2022). The Nisbah of Indomaret Musyarakah Franchise in Indonesia: MUI Approach. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 14(2), 261-283. https://doi.org/10.14421/azzarqa.v14i2.2733