Analisis Kesalahan Siswa SMA XI IPS dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Transformasi Geometri Berdasarkan Teori Newman
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan salah satu pembelajaran yang menurut banyak siswa adalah mata pelajaran yang menyulitkan. Sehingga terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika apabila peserta didik sudah diberikan suatu persoalan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal transformasi geometri berdasarkan teori newman. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI SMA N 10 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu hasil tes. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan kesalahan dari kelima teori Newman yaitu, 1) Kesalahan membaca sebanyak 10%, 2) Kesalahan memahami sebanyak 13,3%, 3) Kesalahan tranformasi sebanyak 13,3%, 4) Kesalahan keterampilan proses sebanyak 31,7%, 5) Kesalahan penulisan jawaban 13,3%. Kesalahan keterampilan proses merupakan kesalahan yang paling tinggi terjadi.
Downloads
Article Details
References
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632-642.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Journal on Education, 2(2), 225-232.
Ong, F. I. H., & Ratu, N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 29-35.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Jana, P. (2018). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8-14.
Mahmudah, W. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe Hots berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 7(1).
Jamal, F., & Pd, S. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Choirudin, M. Saidun, A., & Nur, K. (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(2). 1-13.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V madrasah ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208-216.
Yuspriyati, D. N. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TEORI NEWMAN. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 4(2), 116-125.