Pengaruh Self-Regulated Learning dan Math Anxiety Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dan belajar merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Belajar memiliki peran penting guna mencapai sebuah prestasi peserta didik dalam sebuah pendidikan. Faktor yang dapat mempengarui seseorang dalam berprestasi salah satunya faktor internal. Faktor internal dapat berupa kemandirian belajar dan kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar (Self Regulated Learning) dan kecemasan matematis (Math Anxiety) terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MAN 1 Sleman. Instrumen penelitian terdiri dari angket kemandirian belajar, angket kecemasan matematis, dan nilai hasil UTS semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan adanya pengaruh kemandirian belajar dan kecemasan matematis terhadap hasil belajar peserta didik baik peserta didik perempuan maupun laki-laki. Besarnya kontribusi pengaruh kemandirian belajar dan kecemasan matematis diperoleh dari dari nilai koefisien determinasi sebesar 4% untuk peserta didik laki-laki dan 33,4% untuk peserta didik perempuan.
Downloads
Article Details
References
Alghamdi, A., Karpinski, A. C., Lepp, A., & Barkley, J. (2020). Online and face-to-face classroom multitasking and academic performance: Moderated mediation with self-efficacy for self-regulated learning and gender. Computers in Human Behavior, 102, 214–222. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.018
Asari, I., Rustam, & Ginting, S. S. B. (2023). Analisis Gender Tentang Math Anxiety Pada Peserta didik Smp Negeri 14 Medan. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 319–328.
Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181, September, 181–192.
Hastuti, W. H., & Yoenanto, N. H. (2019). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan matematis, Dukungan Sosial Guru Matematika, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik SMP Negeri “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 116. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1524
Hidayat, M. A., & Sutirna, S. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Irawan, M. N. S. (2018). Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Intensi Berselingkuh pada Individu Dewasa Awal yang Sudah Menikah. Universitas Airlangga.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Peserta didik SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49
Putri, E., Arjudin, A., Azmi, S., & Sripatmi, S. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1390–1398.
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahapeserta didik pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.
Shishigu, A. (2018). Mathematics Anxiety and Prevention Strategy: An Attempt to Support Students and Strengthen Mathematics Education. Mathematics Education Trends and Research, 2018(1), 1–11. https://doi.org/10.5899/2018/metr-00096
Warohmah, M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika dengan Pendekatan Humanistik dan Kecemasan Belajar. Penerbit P4I.