Etnomatematika: Bahan Ajar Digital Berbasis Budaya Pekalongan pada Materi Bentuk Aljabar
Main Article Content
Abstract
Terbatasnya bahan ajar matematika berbasis budaya menjadi sebuah persoalan dalam pembelajaran berbasis etnomatematika. Untuk itu penelitian ini berusaha mengembangkan bahan ajar berbasis budaya pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas dari bahan ajar digital pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP/MTs dengan menggunakan konteks budaya Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, yang terdiri dari angket validasi bahan ajar dan angket respon siswa. Instrumen yang digunakan sudah divalidasi secara konten. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 orang ahli dan 5 orang praktisi. Bahan ajar ini juga diujicoba kepada 32 orang siswa di salah satu SMP Kabupaten Pekalongan. Bahan ajar yang dihasilkan berupa bahan ajar digital dalam bentuk flipbook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 84%, aspek kepraktisan 85% (sangat praktis). Bahan ajar efektif sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran matematika yang ditandai dengan tigkat ketuntasan belajar siswa sebesar 84.38%.
Downloads
Article Details
References
Abdullah, S., Susilo, & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 707–714. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.433
Anasis, K. R. P., & Alyani, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika terhadap Penalaran Matematis pada Materi Teorema Phytagoras. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6742
Anita, Y., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2022). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis HOTS Sebagai Bentuk Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Untuk Guru Sekolah Dasar. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
Asri, A. S. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret
Awwaliyah, H. S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), 516–523.
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Fitrahtunnisa, Adnan, & Daud, F. (2022). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Sains. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 189–197. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.23516
Gea, K. M., Rangkuti, Y. M., & Minarni, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2270–2285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1602
Gustiar, A. W., Saepurokhman, A., & Irianto, A. (2023). Analisis Kelayakan Isi dan Penggunaan Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Kaeya Agus Trianti, Dkk. sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Bermutu. Literat: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, II(1), 62–70. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/literat
Hanggara, Y., & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 11 Bintan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 240–247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.3962
Harisah, Y., & Azizah, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Pekalongan pada Materi Segi Empat. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3(2018), 649–656.
Indrawini, T., Amirudin, A., & Widiati, U. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Subtema Ayo Cintai Lingkungan Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1489–1497.
Juliandita, E., Rezeki, S., & Setyawan, A. A. (2016). Pengembangan Perangkat Penilaian Kognitif dan Afektif pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Matematika, 9(2), 250–256. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1004
Juliyati, E. D. (2021). Peran Guru dalam Berinovasi Terhadap Perkembangan Teknologi Informasi. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–7.
Kinanti, L. P., & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345.
Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=RfgvEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika dengan Penerapan Mozart Effect(Studi Eksperimen terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama). Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954
Lestari, E. D., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247–258.
Mardhiyana, D., Nasution, N. B., & Adna, S. F. (2018). Tahap Define dan Design Bahan Ajar Matematika SMP dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Budaya Lokal untuk Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Pekalongan. JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN, 15, 68–78. https://doi.org/10.54911/litbang.v15i0.79
Melasevix, E., Asnawi, H. A., Alami, J. J. N., Masynuah, I. H., Putra, R. A. N., & Darmadi. (2021). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma ’ arif Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 117–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828
Mulyani, S., Novikasari, I., & Zaen, M. A. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII Madrasah Wustho Karangsuci Kabupaten Banyumas. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABRURRAHMAN WAHID PEKALONGAN, 2, 422–438. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1153
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Ar-Ruzz Media.
Nurcahyani, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Web Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V. 10(6), 1–8.
Pardimin, Setiana, D. S., & Supriadi, D. (2021). Development of Online Inquiry Mathematics Learning Model Based on Javanese Culture Ethnomathematics. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.26486/jm.v6i1.2087
Putri, F. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Ukir Kayu Jepara Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(1), 21–37. https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i1.3662
Rangkuti, A. N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 116–126. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.13310 AXIOM
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta CV.
Rijal, A., & Azimi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SD Menggunakan Whiteboard Animation untu Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 5(1), 206–217. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.640 PENDAHULUAN
Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyaningsih, A., & Andriyani. (2019). Analisis Kebutuhan Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah. Proceedings of The 1st STEEEM, 1(1), 98–104.
Sumayah. (2016). Kesesuaian Antara Materi Pembelajaran Bahasa Inggris dan Kurikulum di Kelas 3 SD Al-Irsyad Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2422
Turmuzi, A. (2023). Menjadi Guru Berkompeten di Era Merdeka Belajar: Strategi Menguasai Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka. Diva Pustaka.
Widodo, C. A., Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berbasis STEM. Widyadari, 22(2), 478–486. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550400
Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Geografi SMA Berplatform Aplikasi 3D Page Flip dengan Pendekatan STEAM ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematic ) Materi Keragaman Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktik Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 26(2), 92–98.