Pengembangan LKPD Terintegrasi Islam pada Materi Operasi Bentuk Aljabar

Main Article Content

Adib Ashabulabib
Ummu Soim Daimah
Ihtiyatul Muhakimah

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu kurangnya variasi media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih mandiri, dan memahami nilai keislaman. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi Islam pada materi operasi bentuk aljabar yang valid agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi produk yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kevalidan produk. Hasil dari penelitian ini berupa LKPD terintegrasi Islam pada materi operasi bentuk aljabar yang valid. Hasil validasi dari ahli materi mengenai produk LKPD yaitu sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil validasi dari ahli media mengenai produk LKPD yaitu sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi Islam pada materi operasi bentuk aljabar memiliki validitas sangat baik sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amir, U. S., Nari, N., & Huda, U. (2019). Pengembangan LKPD SPLTV terintegrasi Islam dan budaya minangkabau di SMA/MA. Proceeding Iain Batusangkar, 267–280. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/2190/1626

Arief, M. F. M., & Wiyono, A. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada pembelajaran mekanika teknik dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas X TGB SMK negeri 2 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 148–152. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/24/article/view/11248/10701

Asmara, A. P. (2016). Kajian integrasi nilai-nilai karakter islami dengan kimia dalam materi kimia karbon. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 4(2), 1–11.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Fajri, F. (2020). Pengembangan media mobile learning menggunakan 3D display system berbasis hologram. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 18(3), 1–199.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Parsa, H. E. (2017). Pengembangan LKPD dengan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Prosiding Seminar Matematika, 229–238.

Rahmah, N. (2018). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Ratnawati. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran penemuan terbimbing pada pokok bahasan segiempat kelas VII MTs Madani Alauddin. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassae.

Triani, H. D. (2020). Pengembangan LKPD matematika terintegrasi nnilai Islam pada siswa kelas V di sekolah dasar negeri kota pekanbaru. In Corporate Governance (Bingley) (Vol. 10, Issue 1).

Wafiroh, I. L. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi nilai-nilai keislaman konteks kitab aqidatul awam pada materi aljabar kelas VII di SMP plus darussalam blokagung banyuwangi program kelas unggulan sains putri tahun ajaran 2021/2022.

Wiradnyana, I. G. A., Jampel, I. N., & Agung, A. A. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran metakognitif berorientasi pemecahan masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD Gugus X Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Yusniawan, R., Isnaini, M., & Jayanti, E. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) kimia terintegrasi nilai-nilai islam pada materi hidrokarbon. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 8(2), 181–190. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v8i2.4667