Eksplorasi Etnomatematika Pada Tradisi Saparan Pondok Wonolelo
Main Article Content
Abstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari pada tingkat dasar hingga menengah. Namun, matematika menjadi pelajaran yang “momok” bagi sebagian besar peserta didik. Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit bagi peserta didik. Pembelajaran matematika yang belum berhubungan dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yaitu pembelajaran dengan etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika memiliki banyak dampak positif bagi peserta didik. Salah satu obyek budaya etnomatematika yang dapat digunakan yaitu Tradisi Saparan Pondok Wonolelo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan temuan dari eksplorasi etnomatematika pada tradisi Saparan Pondok Wonolelo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subyek penelitian ini adalah tokoh masyarakat setempat di dusun Pondok Wonolelo, sedangkan objek penelitiannya yaitu tradisi Saparan Pondok Wonolelo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi literatur , serta menganalisis semua data yang telah dikumpulkan. Teknik analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 4 konsep matematika yang terdapat pada tradisi saparan Pondok Wonolelo, yaitu konsep geometri, operasi aljabar, operasi pembagian, dan perbandingan nilai . Pada gunungan apem terdapat konsep operasi aljabar dan geometri yaitu bangun ruang limas segi empat. Pada Jodang terdapat konsep geometri yaitu bangun ruang limas segi empat dan bangun datar trapesium, segitiga, dan lingkaran. Pada apemnya terdapat konsep perbandingan, operasi pembagian, dan geometri yaitu bangun datar lingkaran.
Downloads
Article Details
References
Amelia, Z., & Sulstiowati, D. L. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Warisan Budaya Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo pada Materi Kongruensi dan Kesebangunan. MATH-EDU, 9(1), 372–383.
Dekhi. (2019). Upacara Adat Ki Ageng Wonolelo. Dinas Kebudayaan Sleman. https://kebudayaan.slemankab.go.id/post/upacara-adat-ki-ageng-wonolelo
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81.
Irfan, M., Setiana, D. S., Ningsih, E. F., Kusumaningtyas, W., & Widodo, S. A. (2019). Traditional ceremony ki ageng wonolelo as mathematics learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012140
Karimah, U., & Dewi, H. L. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Tradisi Syawalan Gunungan Megono dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika SMP Kelas IX. SANTIKA: Seminar Nasional …, 363–374. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1149
Klorina, M. J., & Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Indonesia Ditinjau dari Self-Efficacy: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics, 7, 181–192. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6435
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183
Nurdiana, Z. (n.d.). Disclosing The Facts Of The Heaven In The Tomb Visit (Case Study Of Ki Ageng Wonolelo’s Tomb). https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/accept/article/download/1201/741/
Rura, P. N. M., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA NYIRU KELAS VIII SMP/MTs. Jurmadikta, 2(3), 43–52. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1389
Sa’adah, A. N., & Sudrajat, S. (2023). Revitalization Of Tolerance Values Through The Saparan Tradition : A Study In Pondok Wonolelo Village. el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 25(2), 327–345. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/eh.v25i2.23654
Sari, E. F. P., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada kebudayaan rumah adat ogan komering ulu sumatera selatan. Journal of Medives, 2(1), 137–144.
Siregar, A. R., Pakpahan, A. F. H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., Matondang, N. H., Karo, N. H. B., Simarmata, P. S. B., & Hasibuan, R. P. (2024). Etnomatematika Sebagai Sarana Penguatan Budaya Lokal Melalui Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding MAHASENDIKA, 44–57.
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Sundari. (2020). The Moral Value in The Folklore of Kl Ageng Wonolelo Widodomartani , Ngemplak , Sleman , Special Region Province of Yogyakarta ( Literature Reception Review ). BASA. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2314223
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. ∑IGMA, 2, 35–40.