Penentuan Rute Terpendek Stasiun Lempuyangan ke UIN Sunan Kalijaga dengan Algoritma Dijkstra
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute terpendek dari Stasiun Lempuyangan ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggunakan algoritma Dijkstra. Data berupa jarak aktual antar lokasi diambil dari Google Maps dan direpresentasikan dalam bentuk graf berbobot, dengan simpul sebagai lokasi dan sisi sebagai jarak antar lokasi. Algoritma Dijkstra bekerja dengan mencari jarak terpendek dari simpul awal ke simpul lainnya secara iteratif hingga mencapai simpul tujuan. Proses perhitungan dilakukan dengan bantuan aplikasi berbasis VB.Net. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute terpendek dari Stasiun Lempuyangan ke UIN Sunan Kalijaga adalah melalui A → B → D → E → H → K dengan bobot total 3,45. Implementasi algoritma Dijkstra terbukti efisien dan akurat dalam menentukan jalur terpendek, sehingga dapat menjadi solusi optimal untuk sistem navigasi dan pemetaan
Downloads
Article Details
References
Adinda, P. R. (2022). Aplikasi Algoritma Dijkstra Untuk Penentuan Jalan Terpendek. Portaldata.org, 2(9), 1–11.
Anshoriy, W. F. (2023). Penerapan metode algoritma Clarke and Wright Savings pada penentuan rute terpendek: Studi kasus di Kantor Pos Pemeriksa Kabupaten Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Anwar, S., Katili, M. R., & Padiku, I. R. (2024). Penerapan algoritma dijkstra dalam perancangan sistem informasi pencarian dan penyewaan kamar kost berbasiskan web. Diffusion: Journal of System Information Technology, 4(2), 185–195.
Arga, E. S., Firmansyah, G. G., Imam, K., & Fauzi, M. (2021). Penerapan Algoritma Djikstra Pada Pencarian Jalur Terpendek. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 1(2), 134–142. https://doi.org/10.46306/bay.v1i2.15
Devinta, M., Hidayah, N., & Hendrastomo, G. (2024). Fenomena Culture Shock pada Mahasiswa Perantauan di Yogyakarta. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(2), 557–565. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1874
Fauzi, I. (2011). Penggunaan algoritma dijkstra dalam pencairan rute tercepat dan rute terpendek: studi kasus pada jalan raya antara wilayah Blok M dan Kota.
Harahap, M. K., & Khairina, N. (2017). Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Dijkstra. SinkrOn, 2(2), 18–23. https://doi.org/10.33395/sinkron.v2i2.61
Inayah, A. M., Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Analisa perbandingan algoritma floyd-warshall dan algoritma dijkstrauntuk penentuan rute terdekat. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 146–155.
Kristo, M., & Shandi, Y. J. (2022). Perancangan aplikais pencarian rute perjalanan angkutan kota (angkot) di kota bandung berbasis web menggunakan algotima a*. Media Informatika, 21(2), 133–143.
Muharrom, M. (2020). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Penentuan Jalur Terpendek Studi Kasus Jarak Tempat Kuliah Terdekat. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 3(1), 25–30. https://doi.org/10.21927/ijubi.v3i1.1229
Pane, J. A., Fitriani, I., & Lestari, M. (2024). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menentukan Rute Terpendek Menuju Museum Di Jakarta. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.26877/jipetik.v5i1.18583
Panggabean, S., Gata, W., Syarif, A. R., Rahmadani, S., & Widianto, T. (2021). Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Jalur Terpendek Wilayah Pasar Minggu Dan STMIK Nusamandiri Jakarta. Swabumi, 9(1), 78–85. https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.9574
Sembiring, A. P. (2021). Penggunaan Algoritma Djikstra Dalam Menentukan Rute Tercepat Kampus UMA 2 Menuju Kampus UMA 1. Universitas Medan Area