Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Matematika Melalui Implementasi Lesson Study Dalam PLP

Main Article Content

Nur Aini Amalia Sari
Suparni
Raekha Azka
Muhammad Iqbal Hibatallah

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dan menjadi ciri yang membedakan profesi guru dengan profesi lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil implementasi lesson study dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) yang dilakukan oleh calon guru matematika ditinjau dari kemampuan pedagogiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui lesson study. Pelaksanaan lesson study dalam PLP terdiri dari satu guru model dan dua orang observer. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi pelaksanaan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study pada siklus pertama dan kedua berhasil meningkatkan kompetensi Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dan menjadi ciri yang membedakan profesi guru dengan profesi lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis hasil implementasi lesson study dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) yang dilakukan oleh calon guru matematika ditinjau dari kemampuan pedagogiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui lesson study. Pelaksanaan lesson study dalam PLP terdiri dari satu guru model dan dua orang observer. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi pelaksanaan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study pada siklus pertama dan kedua berhasil meningkatkan kompetens


i

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index

Andriani, E., Sumarmi, & Astina, I. K. (2016). Peningkatan Kompetensi Pedagogik guru dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2106–2112.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166.

Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2015). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatka Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27–31.

Ma’rufi, & Ilyas, M. (n.d.). Tinjauan teoritis tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowledge Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Elektronik Universitas Cokroaminoto, 2(1).

Naelasariy, A., Setiyawan, A., Sulistya, H., Hayati, K. N., Ishak, M., Wibowo, S., Mardiani, M., Suwarto, E., & Wibowo, F. I. S. (2024). Buku Panduan Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP). Laboratorium Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga.

Nugroho, W. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Calon Guru Matematika Pada Praktik Magang Blended Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 250–260.

Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.

Rahayu, R., & Muhtar, T. (2022). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(3), 5708–5713. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3117

Rozak, A., & Fauziah, E. (2013). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Cirebon. Bahasa & Sastra, 13(1).

Rusli. (2021). Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Lesson Study. Alasma: Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 03(01), 14–23.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenadamedia Group.

Sukmawati, R. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Susilo, & Herawati. (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah, Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Bayu Media Publishing.

Usman. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Kegiatan Supervisi Klinis Pada MTsS Harapan Kab. Nagan Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidika, 1(3), 107–115.

Yuni, Sajida, H., Saddam, Winata, A., Astari, W. M., Maryati, Y., & Masyitaj, P. M. (2024). Analisis Efektivitas Pembelajaran Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa di Kelas. Jurnal Ilmiah Telaah, 9(2), 196–201. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.ZZZ