Eksplorasi Bangun Ruang dan Bangun Datar Pada Budaya Lokal Drumblek
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi geometri spasial dalam budaya Drumblek di Salatiga, Jawa Tengah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis elemen etnomatematika, dengan fokus khusus pada konsep-konsep geometris seperti sisi lengkung, diameter lingkaran, jari-jari lingkaran, tinggi, dan aplikasi-aplikasinya, termasuk perhitungan keliling silinder, sebagaimana yang diamati dalam instrumen budaya Drumblek. Metode pengumpulan data menggunakan tinjauan pustaka untuk mengumpulkan wawasan teoritis. Temuan menunjukkan konsep matematika yang signifikan tertanam dalam budaya Drumblek, menyoroti potensi pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan elemen-elemen budaya ke dalam praktik pendidikan.
Downloads
Article Details
References
Aisy, N. M. R., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (n.d.). Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 1, 2021.
Aprianto, F. (2018, 08 09). Drumblek, Kesenian Asli Salatiga. Budaya Indonesia. https://budaya-indonesia.org/Drumblek-Drumband-Kreatif.
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosanan. Google Books.
Lestari, R., Habibi, & Bastari, S. (2024). Persepsi Siswa Terhadap MataPelajaran Matematika(Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 21-28.
Mahanum. (n.d.). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal Of Education, 1(2), 2021.
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). Google Books.
Tabung: Rumus Luas Selimut, Volume, Dan Permukaan Tabung. (2021, September 7). Zenius. https://www.zenius.net/blog/luas-selimut-volume-tabung
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Matematika pada Batik Madura. SIGMA : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2).