Inovasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kartu Braille dan Digital di Kelas Inklusi

Main Article Content

Dwi Amalia Putri
Alifia Kania Ramadhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep mengenai model pembelajaran yang dapat memberikan inspirasi para pendidik, dengan menggunakan media kartu berbasis braille dan media digital sebagai salah satu inovasi pembelajaran matematika di kelas inklusi, terutama untuk difabel netra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif yang berupaya yang menggambarkan inovasi metode  pembelajaran yang inovatif untuk kelas inklusi dan mendukung kesetaraan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jurnal, artikel, dan karya ilmiah yang relevan dengan objek kajian pada penelitian. Hasil penelitian ini adalah konsep teoritis Inovasi metode pembelajaran Teams Games Tournament berbasis kartu braille berupa pertanyaan dan digital berupa Microsoft Powerpoint dan Quizizz yang mampu melibatkan semua siswa di kelas inklusi. Dengan demikian, inovasi ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di kelas inklusi, terutama untuk difabel netra.


Kata Kunci: Braille , digital, inovasi, metode pembelajaran Teams Games Tournament

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agusta, A. R., & dkk. (2021). Inovasi Pendidikan. Aceh: Yayasan Penerbit Zaini.

Baharullah, B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(2), 14–22.

Batoebara, M. U. (2021). Inovasi Dan Kolaborasi Dalam Era Komunikasi Digital. Jurnal Prosiding Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa, 8(1), 29–38.

Fitriany, Y. R., & Winarti. (2014). Pengembangan Modul Fisika Pokok Bahasan Hukum Newton bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) Di Kelas Inklusi SMA/MA Kelas X. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(1), 37–41.

Hermawan, A., Yaum, L. A., & Megaswarie, R. N. (2023). Penerapan Aplikasi Talkback dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunanetra Kelas XI di SLB Negeri Branjangan Jember. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 109–116.

Herwandi, H., & Kaharuddin, A. (2020). Exploration of the Influence of Learning ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, and Applications) on the Understanding of Mathematical Concepts. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 113–125.

Irhamsyah, F. (2020). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Dampaknya Bagi Ketahanan Nasional. Jurnal Lemhannas RI, 7(2), 45–54.

Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan I-Spring Presenter Sebagai Media Pembelajaran ICT. Jurnal Eksponen, 9(1), 79–85.

Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Berbasis Daring di MI Al Muqorrobiyah. Jurnal WANIAMNEY : Journal of Islamic Education, 2(1), 12–20.

Nabilla, H., & Fitriyana, N. (2022). Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematiak. Journal of Mathematics Science and Education, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i1.1621

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2017). Pentingnya Pembelajaran Kooperatif dalam Aktivitas Belajar pada Siswa. Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Octaviani, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Difabel Netra di Kelas Inklusi pada Materi Trigonometri. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653

Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., … Jahja, A. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rhomadoni, C. S., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam At-Thariqah, 7(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).7239

Rosiyanti, H., & Farahdiba, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 169–183.

Shohimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Widiarsa. (2019). Kajian Pustaka (Literature Review) Sebagai Layanan Intim Pustakawan Berdasarkan Kepakaran dan Minat Pemustaka. Media Informasi, 28(1), 111–124.

Yulizah, Y. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Karakter dengan Huruf Braille untuk Siswa Difable Netra. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 191–210. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3345

Zainullah, Z., Mahfud, M., & Hairit, A. (2020). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 487–500. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.273