Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa: Systematic Literature Review
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini disusun dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Peneliti dalam hal ini telah mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis penelitian-penelitian yang relevan sesuai dengan kajian pengembangan LKPD berbasis etnomatematika untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pencarian artikel yang peneliti lakukan yaitu dengan Google Scholar melalui Publish or Perish. Kata kunci yang digunakan seperti pengembangan LKPD berbasis etnomatematika, LKPD untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil pencarian muncul 100 artikel yang terkait dengan kata kunci tersebut dan difilter menjadi 18 artikel untuk dikaji. Hasil review artikel bahwa pengembangan LKPD berbasis etnomatematika dapat memfasilitasi berbagai kemampuan siswa, salah satunya adalah berpikir kreatif matematis. Beragam budaya dapat ditampilkan dalam etnomatematika sesuai dengan materi yang diajarkan.
Downloads
Article Details
References
Cahya, N., & Siregar, B. H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3229–3243. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2923
Chahyanti, V. E., Kamid, K., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan RME Pada Materi Segiempat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2815. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4337
Dayanti, R., Yanto, Y., & Lutfiana, M. (2024). Systematic Literature Review: Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkaran. 3(1), 6–15.
Destami, L., Made, N., Kertiyani, I., & Mataram, U. (2025). Pengembangan LKPD Berkarakteristik Budaya Lokal pada Materi SPLDV untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. 5, 263–274.
Dewi, K. S., Hadi, M., & Wildaniati, Y. (2022). Pengembangan LKPD Geometri Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28. https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4816
Filahanasari, E. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Program Linear. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 331–337. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.968
Fitriana, E., Putra, E. D., & Murtinasari, F. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembalajaran, 9(1). https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/2299%0Ahttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/download/2299/1710
Ivana, M., Saryanto, B., & Rahmawati, F. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika dengan Motif Tapis Lampung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Khatami, N., & Fajriah, N. (2024). Pengembangan LKPD pada Materi SPTLDV Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung di Kelas X Sekolah Menengah Atas. 4(November), 1–12.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 98–109.
Ramadhana, R., Marpaung, M., Wulandari, Rahmat, D., & Afsari, S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4.
Rasylin, M. M., & Muchlish, E. E. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Culturally Responsive Teaching untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. 11(1), 175–187.
Rewatus, A., Leton, S. ., Fernandez, A. ., & Suci, N. . (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. 04(02), 645–656.
Riwayati, S., Relawati, & Utami, I. (2022). Pengembangan LKS untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 129–139.
Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Untuk Kemampuan Literasi Matematis Materi SPLDV. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(1), 78–88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749
Shabira, N., & Andhany, E. (n.d.). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Euclid, 10(1), 147–165.
Siswanto, D. H. (2024). Pengembangan e-LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. 3(03), 118–132. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i03.684
Susanti, O. L., Yanto, Y., Luthfiana, M., & Luthfiana, M. (2024). Systematic Literature Review : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika. 7(1), 68–79.
Tri, I., Cahyani, A., Ekowati, D., & Junaedi, I. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Menengah Terintegrasi Kearifan Lokal Bangsa Indonesia. 8, 162–172.
Ummaidah, S., Galatea, C. K., Jember, U. M., Kreatif, B., & Pendahuluan, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Osing Banyuwangi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. 10, 93–107.
Wening, T. C., & Hayuhantika, D. (2023). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan STEAM melalui Model PjBL untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 245–262. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.245-262
Wiwi, W. N., Octaria, D., & Dwi Nopriyanti, T. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 58–73. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i2.262