Systematic Literature Review : Pengembangan LKPD Terintegrasi Keislaman Untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Nurmala Nurmala
Nurul Arfinanti

Abstract

Lembar kerja peserta didik dapat dikembangkan dengan memadukan materi pembelajaran dengan materi lain atau dengan memadukan nilai moral dan akhlak. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literature review terkait integrasi keislaman pada LKPD pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literatue Review (SLR) dengan research question dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi keislaman dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kriitis siswa”. Artikel yang digunakan menjadi sumber data berasal dari jurnal terindeks sinta dan sesuai dengan kata kunci yang digunakan. Didapatkan sebanyak 20 artikel yang terpublikasi 8 tahun terakhir. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengambangan LKPD terbukti valid, praktif dan efektif, serta dapat memfasilitasi berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Peserta didik juga tidak hanya pendapatkan ilmu kognitif, tetapi juga mendapatkan pengetahuan nilai-nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 346–352.

Santoso, E., & Kurino, Y. D. (2021). Systematic literatur review : Ethnomathematic dalam pembelajaran matematika. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 6, 77-84.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai KeislamanUntuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal OMathematics Education, 5(2), 131. https://doi.org/10.24014/Sjme.V5i2.8255

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326

Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-Ayat al- qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65–77. https://doi.org/10.52657/je.v3i1.285

Alfikri, M. Z., Setiani, A., & Imswatama, A. (2022). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Integrasi Islam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1), 29–38. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1654

Arisha, D., & Surya, E. (2023). Pengembangan Lkpd BerbasisPendekatan Stem (Science,Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 345–352.

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.244

Fitriati, & Lisa, S. (2015). Jurnal Pendidikan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 41–60.

Halimah, S. H., Imamuddin, M., & Syarifah, S. H. R. (2024). Pengaruh Penggunaan LKPD Matematika Integrasi Islam Terhadap Hasil Belajar Matematika. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.61456/tjie.v4i1.125

Hasanah, N. N., Dinny Mardiana, & Nurjanah. (2024). Pengembangan Lkpd Model Inkuiri Terbimbing Yang Mengakomodasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 9(1), 008–012. https://doi.org/10.30999/ujmes.v9i1.2683

Hikmah, A., Ilmi, A. N., Jannah, M., Lestari, T., & Zahra, Z. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Matematika Integrasi Nilai- Nilai Islam Pada Tingkat SMP. 2(2), 213–219.

Kerja, L., Didik, P., & Islam, N. (2020). DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. 4(1), 123–135.

Kristanti, I., & Pandra, V. (2024). Systematic Literature Review : Integrasi Keislaman Pada Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Pembelajaran Matematika. 7(1), 89–98.

Masamah, U., Zain, N. K., Salsabila, A., & Maulidani, M. (2023). Integrating Islam on geometry student worksheets to facilitate mathematical and religious literacy of junior high school students. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/jppm.2023.51.17-30

Minangkabau, B., Sma, D. I., Sa, U., Nari, N., & Huda, U. (2019). PENGEMBANGAN LKPD SPLTV TERINTEGRASI ISLAM DAN. 267–280.

Patih, T., Firman, A. Y., & Matematika, T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Bilangan. 6(November), 159–180.

Revita, R., & Sari, A. (2024). Efektifitas LKPD Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Nilai Keislaman dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 390–399. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.1819

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926

Sari, D. R., Halimah, S., Akmal, W., & Carolina, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran Matematika Pendahuluan. 2(2), 179–187.

Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562

Tiana, S., Mustika, J., & Rohani, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Nilai-Nilai Islami Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 4(1), 43. https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6889

Ulfah, A. H. D., Vahlia. I., Anwar. R. B. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Islam. JPM Unila : Jurnal Pendidikan Lampung

Yanti, A. W., Rifky, A., & Putri, T. (2025). Pemanfaatan Liveworksheets dalam Pengembangan E -LKPD Numerasi Berbasis Ke-Islaman untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. 4(2), 186–200.

Zubaidah, R., & Mirza, A. (2024). Penggunaan LKPD Terintegrasi Nilai Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Materi Trigonometri Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. 4(2), 18834–18842.