Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Ade Ade Hadiana

Abstract

Proses belajar belum menerapkan atau memanfaatkan teknologi yang interaktif yaitu pada saat melakukan pembelajaran kepada peserta didik seperti halnya games edukasi interaktif. Tiap pengajar masih menggunakan metode konvensional pada saat memberikan pengajaran dikesehariannya, sehingga siswa terlihat kebosanan pada saat mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas. Untuk itu perlu adanya inovasi media pembelajaran interaktif agar menaikkan keterampilan berpikir kritis juga hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini melihat tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajran. Metode yang diterapkan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model ASSURE, yaitu : 1) Analyze Learner, 2) States Objectives, 3) Select Methods, Media, and Materials, 4) Utilize Media and Materials, 5) Require Learner Participation, 6) Evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, tes, serta observasi dan dokumentasi. Keterampilan berpikir kritis di tinjau pada saat penerapan media di kelas eksperimen dengan menerapkan soal dengan jawaban benar yang di setting salah serta model maze chase pada wordwall. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menghasilkan prentase 90% dengan kategori “Sangat Layak”, maka dapat dikatakan “valid”. Kepraktisan dilihat dari angket siswa yang mendapat skor rata-rata 90,33% yang artinya “Sangat Praktis”. Keefektifan dilihat dari jumlah siswa pada kelas eksperimen yang mendapat nilai signifikan dan tuntas maka dikatakan “efektif”. Media pembelajaran interaktif berbasis wordwall adalah media yang berpadukan media internet dalam penggunaannya. Media internet ini di kembangkan dengan games education interaktif sehingga sangat efektif apabila di terapkan dalam pembelajaran dikelas. Sehingga pembelajaran bisa lebih menarik dan interaktif untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Gufron, A., Darwan, & Winarso, W. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 77-88.
Gusman, B. A., Salsabila, U. H., Hoerotunnisa, Giardi, L. Y., & Fadhila, V. (2021). Efektivitas Platform Wordwall pada Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 203-221.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara.
Haqq, A. A., Krisnanto, A., & Darwan. (2021). Media Digital Padlet Dan Socrative Sebagai Alternatif Pengembangan Desain Pembelajaran Geometri. Information Technology Engineering Journals, 76-92.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No. 2, 78.
Nisa, Ainun, H., Mujib, Yunian, & Wahyu, R. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 18-20.
OECD. (2018). Education at a Glance 2018: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing.
Putri, P. S., Wahid, S., & Haqq, A. A. (t.thn.). Efektivitas Lkpd Berbantuan Komik. Jurnal Pendidikan, 1-10.
Rupa, M. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Permainan Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid kelas XI SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Yogyakarta.
Sholihah, S. M., Farida, N., & Rahmawati, D. (2021). pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual Disertai Nilai-Nilai Islam pada Materi barisan dan DeretT. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2, 168-180.
Su, C.-H. (2017). Designing and Developing a Novel Hybrid Adaptive Learning Path Recommendation System (ALPRS) for Gamification Mathematics Geometry Course. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarso, W., & Wahid, S. (2020). Development of mathematics teaching device integrated with quranic values: Issues, challenges, and implementation model. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 95-117.