Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Operasi Bilangan Bulat dengan Alat Peraga Colored Stick

Main Article Content

Robingah

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap oleh peserta didik sebagai mata pelajaran yang sulit, tidak disukai, dan membosankan karena matematika merupakan ilmu yang abstrak. Salah satu cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan alat peraga colored stick agar matematika dapat disajikan dengan konkret dan diterima dengan baik oleh peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian yang dgunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Sumber data penelitian yaitu 40 orang peserta didik kelas VII dan dua guru matematika MTsN 1 Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, lembar observasi, dan angket respon. Analisis data yang dilakukan berupa analisis data deskriptif yang dilanjutkan membandingkan dengan kriteria keberhasilan penelitian. Hasil penelitian antara lain pembelajaran menggunakan alat peraga colored stick dilaksanakan dengan diskusi kelompok agar terjadi interaksi antar peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran guru selalu membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi untuk mengetahui hasilnya. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) dari hanya 27,5% peserta didik tuntas dengan KKM 70 sebelum pembelajaran dan meningkat menjadi 75% peserta didik yang tuntas setelah pembelajaran dengan alat peraga colored stick, 2) pelaksanaan pembelajaran dengan alat peraga colored stick dapat terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 91.3%, dan 3) respon peserta didik sangat positif terhadap pembelajaran matematika dengan alat peraga colored stick dengan persentase 91.8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Aziz, S. H., & Arifin, F. (2021). Penggunaan media colored stick untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa sekolah dasar kelas III. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 250–263.

De Lange, J. (2003). Mathematics for literacy. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges, 80, 75–89.

English, L. D., King, D., & Smeed, J. (2017). Advancing integrated STEM learning through engineering design: Sixth- grade students’ design and construction of earthquake resistant buildings. Journal OfEducational Research, 110(3), 255–271. https://doi.org/doi.org/10.1080/00220671.2016.1264053

Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Universitas Negeri Malang Press.

Intansari, A. P., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Pengunaan media colored stick untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada pelajaran matematika peserta didik kelas I SDN Gabusbanaran. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3091–3101.

Kalyuga, S. (2011). Cognitive load theory: Implications for affective computing. The 24th International Florida Artificial Intelligence Research Society Conference, 105–110.

Kania, N. (2017). Efektivitas alat peraga konkret terhadap peningkatan visual thinking siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 64–71.

Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1–12.

Komang, N., Yunita, T., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47.

Masni, E. D. (2018). Pendekatan Pembelajaran Metakognitif Adcance Organizer dan Scientific Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1).

NEA. (2012). An educators guide to the “fours C’s”.

Padmo, D., Julaeha, S., Kristina, A., Puspitasari, & Ibrahim, N. (2004). Teknologi pembelajaran: Peningkatan kualitas belajar melalui teknologi pembelajaran. Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Permendikbud Nomor 65 (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prabowo, A., Anggoro, R. P., & Rahmawati, U. (2018). Profil hasil ujian nasional materi matematika SMP/MTs. EduMa, 7(2), 31–39.

Ramadhani, W. P. (2022). Perbedaan penguasaan materi operasi bilangan bulat siswa SMP di desa dan di kota menggunakan teknik berhitung cepat. JAI: Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 216–222.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan: Penelitian kuantitatif,pPenelitian kualitatif, dan penelitian tindakan kelas. Erhaka Utama Yogyakarta.

Schraw, G. J., Bruning, R., & Norby, M. M. (2011). Cognitive psychology and instruction (5th ed.). Allyn & Bacon.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Pearson.

Septiani, R. D., Djalil, A., & Coesamin, M. (2018). Efektivitas model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(1), 14–25.

Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-revolution ala Vygotsky dalam konteks pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 48–58.

Suhardjono. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis materi statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561

Syafira, A. R., Salsabila, E., & Purwanto, S. (2021). Pengaruh LKPD berbasis discovery terhadap berpikir kritis matematis siswa melalui google classroom. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 407–416. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1406

Telaumbanua, Y. (2020). Efektivitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Verrawati, A. J. (2015). Implikasi teori konstruktivisme Vygotsky dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik integratif di SD. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(11), 1–15.