THE PRINCIPAL’S POLICY TOWARDS ONLINE LEARNING VIA WHATSAPP GROUP IN THE COVID-19 ERA

Authors

  • Laila Fajrin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Fatonah State Islamic University of Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/skijier.2021.51.02

Keywords:

online learning, whatsapp, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepala sekolah MI Miftahul Huda Jepara dalam melaksanakan pembelajaran online melalui grup whatsapp di era pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah MI Miftahul Huda Jepara sedangkan kepala sekolah adalah subjek penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis, mengorganisasi data, dan menemukan hasil penelitian yang dapat dilaporkan secara sistematis. Sedangkan uji validitas data dilakukan dengan cara melakukan kredibilitas data melalui triangulasi, observasi ekstensifikasi, pemeriksaan teman sebaya, dependabilitas dan konfermability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah MI Miftahul Huda Jepara memiliki kebijakan dalam melaksanakan pembelajaran online melalui whatsapp group dengan tahapan perencanaan. implementasi dan evaluasi. Untuk mensukseskan kebijakan yang telah ditetapkan, kepala sekolah bekerjasama dengan wali kelas, guru kelas dan orang tua siswa. Kebijakan prinsipal berdampak positif dan negatif. Dampak negatif kepala sekolah ini ditanggapi dengan sejumlah solusi yang solutif agar pembelajaran online tetap kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Naufal Dzulfaroh. Cara Penularan Virus Corona dan Alasan Pentingnya Sosial Distancing. Kompas.com. 2020.
(https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/19/064600465/cara-penularan-virus-corona-dan-alasan-pentingnya-social-distancing? page=all), Accessed on May 7th 2020.
CNN Indonesia. Kemendikbud Buat Skenario Belajar di Rumah sampai Akhir 2020. 2020. (Online).(https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200424114337-20-496861/kemendikbud-buat-skenario-belajar-di-rumah-sampai-akhir-2020), Accessed on May 6th 2020.
Dalinama Telaumbanua. 2020. Urgensi Pembentukan Aturan Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Qalamuna: Jurnal Pendidilan, Sosial dan Agama, 12 (1) : 59-70.
Data sebaran situasi Covid-19 di Indonesia. 2020. (www.covid19.go.id), Accessed on May 7th 2020.
Ekarina. Virus Corona Meluas, WHO Tetapkan sebagai Pendemi Global, Katadata.co.id. 2020. (https://katadata.co.id/berita/2020/03/12/virus-corona-meluas-who-tetapkan-sebagai-pandemi-global), Accessed on May 5th 2020.
Mendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.
Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 pembelajaran daring untuk mencegah corona.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. E-Learning, online learning, and
distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. 2011. (https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001), Accessed 8th May 2020.
Mudjia Rahardjo. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya, Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahing Malang : 1-26.
Ningtyas, Lutfia. 2013. Manajemen Lingkungan Sekolah Pemenang UKS Dan Adiwiyata Nasional: Studi Kasus SDN Tunjungsekar 1 Malang. Unpublished Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
Novianta Yonantias. 2019. Mewujudkan Pendidikan Yang Adil Dan Merata Di Indonesia. Jurnal DDIP. 1-6.
Sartika M. Taher, Erni Munastiwi. 2019. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 4 (2) : 35-50.
Shabri Abd Majid. 2014. Analisis Tingkan Pendidikan dan Kemiskinan di Aceh. Jurnal Pencerahan: Majelis Pendidikan Daerah Aceh, 8 (1) : 15-37.
Stephanus Turibius Rahmat. 2018. Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas. IJECES: Early Childhood Education Journal Of Indonesia, 1 (2) : 7-12.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Yulita Pujilestari. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan, 4 (1) : 49-56.
Zahrotunimah. 2020. Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7 (3) : 247-260.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. Can e-learning replace classroom learning?. Communications of the ACM. 2004. (https://doi.org/10.1145/986213.986216), Accessed on May 5th 2020.

Downloads

Published

2021-05-31