Kajian Psikologis Terhadap Stimulasi Visual Alam Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Sekolah Dasar/MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8961Keywords:
Visual Stimulation, Psychological Development, Elementary School / MI Children, PAI LearningAbstract
Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motitvasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat pmti11g untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahan-bahan dmgan konsep abstrak. Selain itu penggunaan stimulasi visual akan memungkinkan guru membuat joyful learning sehingga belajar siswa tidak di bawah tekanan dan proses pembelajaran PAI akan produktif, penuh kreativitas, aktivitas, efektivitas dan kegembiraan.
Downloads
References
Anglin, Towers & Howard Levle, Visual Message Desigan and Learniang: The Role
of Static and Dynamic Illustrations, NewYork; Indiana University, 1993.
Arsyad, Azhard Media Pembelqjaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Bakry, Sama'un, lvfenggagas Konsep Ilmu Pendidikmt Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraiy, 2005.
Bashori, Khoiruddin Problem Psikologis Kaum Santri, Risiko Insekuritas Kelekatan, Yogyakarta: FkBA, cet. 1, 2003.
Crow, Alice, An Outline Of Educational P.rychology, Iowa: Littlefield, Adams and Co, 1958.
Darajat, Zakiah, llmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, cet. 16,2003.
Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosda Karya, 2005.
Dunn, Watson dan Barban, Arnold, M. "Advertising It's Role and Modern Marketing", Newyork: NY the Dryden Pres, ct. 5, 1982.
Ena, Ouda Tecla, Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi, www. Aitech.acjp, tanggal akses 10 Februari 2008.
Hernowo, Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan, Bandung: MLC Mizan, 2007.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Al-Khalili, Amal Abdussa1am,Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, ct. 1, 2005.
Kurdi, Syuaeb Abdul Aziz, Model Pembelajaran Efektif PAI di SD dan MI, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006.
Lowenfeld, Victor, Creative and Mental Growth, The Macmillan Company, The United States of America, 1970.
Manasikana, Arina, Qur 'an Hadis untuk MI Kelas III, Mef!jelqjah Ke Gua Mahira, Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2006.
Mas'ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik (Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam), Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Soetjiningsih dan IG.N. Gde Ranuh, Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1995.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Bam Algensindo, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.