Eksplanasi Sejarah dan Implikasinya Dalam Pengembangan Model Pembelajaran SKI Untuk MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8996Keywords:
Explanation, history, SKI, MIAbstract
Artikel ini menjelaskan ten tang penjelasan/eksplanasi sejarah dan implikasinya dalam pengembangan model pembelajaran SKI di MI. Sebagai ilmu pengetahuan yang independen, sejarah memiliki metodologi yang berbeda. Karenanya, penjelasan sejarah berbeda dengan penjelasan ilmiah lainnya, meskipun secara konseptual mengadopsi teori sosial dan ilmu alam untuk mendukung penjelasannya. Kaidah-kaidah penjelasan sejarah meliputi; regularity, generalisasi, inferensi statistik, periodisasi, sejarah naratif dan multi interpretasi berimplikasi pada pengembangan model pembelajaran SKI di MI yang menuntut pendidik/guru memilih model pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Sebab penjelasan sejarah merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang memungkinkan guru memberikan materi pembelajaran mentah sehingga siswa harus dilibatkan untuk meracik, meramu, dan merakit pengetahuannya sendiri hingga ia mampu berfikir kritis dan menghayati nilai-nilai dari penjelasan sejarah yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan saat ini adalah Contextual Teaching and Learning karena model ini bersifat holistikyang melihat peserta didik tidak hanya dari sisi psikologi tetapi juga sosial dan neurofisik. Model ini juga mensyaratkan adanya pembelajaran yang integral, menyatukan pengalaman belajar di kelas dengan pengalaman sehari-hari peserta didik. Bottom of Form
Downloads
References
Burke, Peter., Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor. 2001.
Gottschalk, Louis. Understanding Hitory: A Primer of Historical Method.
Alfred A. Knopf: New York, 1987.
Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta:•DirJen PenDis DEPAG RI, 2009.
Hempel. G. Carl., "The Function of General Laws in History". Dalam
Patrick Gardiner, Theories of_ History. New York: The Free Press and London: Collier Macmillan Publishers. 1959.
Kartodirdjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Oakarta: Gramedia, cet. 2,1993.
___ _, Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia, Suatu Alternatif, Jakarta: Gramedia, 1982.
Kasmadi, Hartono. Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama. 2001.
KuhnS, Thomass., Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Terjemahan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Y ogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
___ _, Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003. Robert, Clayton. The Logic of Historical Explanation, USA: The Pennsylvania State University Press, 1996.
Sanusi, Fatah. IPS Sejarah. Jakarta: Direktorat PLP. 1998.
Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative Learning dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007.
Suryo, Djoko. "Pengembangan Kajian Sejarah dalam Kurikulum SLTA" Makalah, (disampaikan pada acara seminar dalam rangka Dies Natalis IKIP Semarang, 13 Maret 1991).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.