Eksplanasi Sejarah dan Implikasinya Dalam Pengembangan Model Pembelajaran SKI Untuk MI

Authors

  • Nur Saidah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8996

Keywords:

Explanation, history, SKI, MI

Abstract

Artikel ini menjelaskan ten tang penjelasan/eksplanasi sejarah dan implikasinya dalam pengembangan model pembelajaran SKI di MI. Sebagai ilmu pengetahuan yang independen, sejarah memiliki metodologi yang berbeda. Karenanya, penjelasan sejarah berbeda dengan penjelasan ilmiah lainnya, meskipun secara konseptual mengadopsi teori sosial dan ilmu alam untuk mendukung penjelasannya. Kaidah-kaidah penjelasan sejarah meliputi; regularity, generalisasi, inferensi statistik, periodisasi, sejarah naratif dan multi interpretasi berimplikasi pada pengembangan model pembelajaran SKI di MI yang menuntut pendidik/guru memilih model pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered). Sebab penjelasan sejarah merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang memungkinkan guru memberikan materi pembelajaran mentah sehingga siswa harus dilibatkan untuk meracik, meramu, dan merakit pengetahuannya sendiri hingga ia mampu berfikir kritis dan menghayati nilai-nilai dari penjelasan sejarah yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang tepat digunakan saat ini adalah Contextual Teaching and Learning karena model ini bersifat holistikyang melihat peserta didik tidak hanya dari sisi psikologi tetapi juga sosial dan neurofisik. Model ini juga mensyaratkan adanya pembelajaran yang integral, menyatukan pengalaman belajar di kelas dengan pengalaman sehari-hari peserta didik. Bottom of Form

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burke, Peter., Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor. 2001.

Gottschalk, Louis. Understanding Hitory: A Primer of Historical Method.

Alfred A. Knopf: New York, 1987.

Hanafi, M. Pembelajaran SKI. Jakarta:•DirJen PenDis DEPAG RI, 2009.

Hempel. G. Carl., "The Function of General Laws in History". Dalam

Patrick Gardiner, Theories of_ History. New York: The Free Press and London: Collier Macmillan Publishers. 1959.

Kartodirdjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Oakarta: Gramedia, cet. 2,1993.

___ _, Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia, Suatu Alternatif, Jakarta: Gramedia, 1982.

Kasmadi, Hartono. Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama. 2001.

KuhnS, Thomass., Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Terjemahan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Kuntowijoyo, Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Y ogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

___ _, Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003. Robert, Clayton. The Logic of Historical Explanation, USA: The Pennsylvania State University Press, 1996.

Sanusi, Fatah. IPS Sejarah. Jakarta: Direktorat PLP. 1998.

Solihatin, Etin dan Raharjo. Metode Cooperative Learning dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia. 2007.

Suryo, Djoko. "Pengembangan Kajian Sejarah dalam Kurikulum SLTA" Makalah, (disampaikan pada acara seminar dalam rangka Dies Natalis IKIP Semarang, 13 Maret 1991).

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Saidah, N. (2024). Eksplanasi Sejarah dan Implikasinya Dalam Pengembangan Model Pembelajaran SKI Untuk MI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8996