Kebiasaan Belajar Mahaiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8980Keywords:
Mahasiswa PGMI, Kebiasaan Belajar.Abstract
Sebagai upaya mewujudkan rencana mutu yang telah ditetapkan, mahasiswa PGMI telah diberi bekal materi kebiasaan belajar yang baik melalui program sosialisasi pembelajaran, yang dilakukan sebelum mahasiswa memasuki perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa PGMI memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik. Dalam menghadapi ujian mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang baik, dalam mengikuti perkuliahan di kelas, memantapkan materi perkuliahan dan dalam menulis karya ilmiah, mahasiswa mempunyai kebiasaan belajar cukup baik, sedangkan dalam membaca buku yang digunakan dalam perkuliahan, mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang kurang baik. Dosen pada beberapa mata kuliah tertentu telah berupaya untuk itu dengan cara mewajibkan mahasiswa untuk membaca dan melaporkan hasil bacaan yang mereka baca. Hal ini perlu terus ditingkatkan, agar mahasiswa PGMI mempunyai kebiasaan belajar yang semakin baik, sehingga dapat menunjang tercapainya rencana mutu yang telah ditetapkan.
Downloads
References
Abdullah, Amin, Transformasi IAIN Sunan Kalijaga menjadi UIN, Sunan Kalijaga,Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Azwar, Syaifuddin, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Effendi, Masri dan Singarimbun, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES, 1995.
Holtzman, Survey of Study Habits and Attitude, New York: The Psicologycal Corporation, 1965.
Mappiare, Andi, Psikologi Orang Dewasa, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Mujiono, dan Dimayati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud, 1994.
Oemar, Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 1990.
Pasaribu, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito, 1983.
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi offset, 1995.
Susilaningsih, dkk, Sukses di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.