Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Berwawasan Ekologi (Analisis Empiris ‘Konservasi Alam’ di Bukti Prambanan Dalam Perspektif Hadis)

Authors

  • Zainal Abidin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8997

Keywords:

PGMI, Ecology, Nature Conservation

Abstract

Eksploitasi alam yang berlebihan telah berdampak pada pemanasan global (global warming). Akibatnya, alam mengalami perubahan iklim dan cuaca yang cukup merisaukan, seperti: pergeseran musim, memanjangnya musim kemarau, gelombang air laut tinggi dan tidak menentu, musim hujan tidak teratur, angin puting beliung, udara panas, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Dampak perubahan iklim ini melanda semua lapisan masyarakat, baik kota maupun desa, salah satunya di Bukit Prambanan beserta seluruh lembaga pendidikan yang ada, terutama SD/MI.

Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai fenomena kekeringan di Bukit Prambanan dengan analisis empiris dan menggunakan pendekatan studi had is. Penelitin difokuskan pada wawasan ekologi, khususnya konservasi alam dan pembelajarannya di tingkat SD/MI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu upaya yang dapat mengembalikan fonomena kekeringan di Bukit Prambanan adalah konservasi alam, khususnya konservasi air. Solusi ini harus disebar-luaskan sejak SD/MI dengan pemberian wawasan ekologi melalui berbagai mata pelajaran terkait, seperti: Biologi, Botani, Agama (Al-Qur'an dan Hadis), PPKn (pada topik pelestarian alam) dan mata pelajaran lain yang terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AI Qur'an dan Terjemahnya, Surabaya: Mekar Surabaya (edisi baru), 2004.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Departemen Dalam Negeri, Panduan Inpres Desa Tertinggal, Jakarta, 1993.

Endang Saefuddin Anshary dan Amien Rais, Pak Natsir 80 Tahun Penghargaan dan Penghormatan Generasi Muda (Buku Kedua), Jakarta: Media Da'wah, 1988.

Jim Ife, Community Development, Soulth Melboame (Australia), Wesley Longman, 1997.

Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Departemen Agama Republik Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia, Islam dan Lingkungan Hidup, Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy, 1997.

Kedaulatan Rakyat, 15 Desember 2004.7 Januari 2005.

Kompas, 28 Oktober 2004

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Lu'lu' wa Al-Marjan, Himpunan Hadis-hadis Shahih yang Disepalazti Oleh Bukhari dan Muslim, Trj, Salim Bahreisy, Surabaya: PT Bina Ilmu Offset, 1996.

Natsir, M, Fiqhud Da'wah, (Ed. S.U. Bajasut) Jakarta: Majalah Islam Kiblat, 1969.

Natsir, M, Capita Selekta, Jakarta, Bulan Bintang, 1973. Thohir Luth, M. Natsir: Dakwah dan Pemikirannya, Jakarta: Cerna Insani, 1999.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Abidin, Z. (2024). Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Berwawasan Ekologi (Analisis Empiris ‘Konservasi Alam’ di Bukti Prambanan Dalam Perspektif Hadis). Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8997