Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Berwawasan Ekologi (Analisis Empiris ‘Konservasi Alam’ di Bukti Prambanan Dalam Perspektif Hadis)
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.8997Keywords:
PGMI, Ecology, Nature ConservationAbstract
Eksploitasi alam yang berlebihan telah berdampak pada pemanasan global (global warming). Akibatnya, alam mengalami perubahan iklim dan cuaca yang cukup merisaukan, seperti: pergeseran musim, memanjangnya musim kemarau, gelombang air laut tinggi dan tidak menentu, musim hujan tidak teratur, angin puting beliung, udara panas, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Dampak perubahan iklim ini melanda semua lapisan masyarakat, baik kota maupun desa, salah satunya di Bukit Prambanan beserta seluruh lembaga pendidikan yang ada, terutama SD/MI.
Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai fenomena kekeringan di Bukit Prambanan dengan analisis empiris dan menggunakan pendekatan studi had is. Penelitin difokuskan pada wawasan ekologi, khususnya konservasi alam dan pembelajarannya di tingkat SD/MI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu upaya yang dapat mengembalikan fonomena kekeringan di Bukit Prambanan adalah konservasi alam, khususnya konservasi air. Solusi ini harus disebar-luaskan sejak SD/MI dengan pemberian wawasan ekologi melalui berbagai mata pelajaran terkait, seperti: Biologi, Botani, Agama (Al-Qur'an dan Hadis), PPKn (pada topik pelestarian alam) dan mata pelajaran lain yang terkait.
Downloads
References
AI Qur'an dan Terjemahnya, Surabaya: Mekar Surabaya (edisi baru), 2004.
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Departemen Dalam Negeri, Panduan Inpres Desa Tertinggal, Jakarta, 1993.
Endang Saefuddin Anshary dan Amien Rais, Pak Natsir 80 Tahun Penghargaan dan Penghormatan Generasi Muda (Buku Kedua), Jakarta: Media Da'wah, 1988.
Jim Ife, Community Development, Soulth Melboame (Australia), Wesley Longman, 1997.
Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Departemen Agama Republik Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia, Islam dan Lingkungan Hidup, Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy, 1997.
Kedaulatan Rakyat, 15 Desember 2004.7 Januari 2005.
Kompas, 28 Oktober 2004
Muhammad Fuad Abdul Baqi, Al-Lu'lu' wa Al-Marjan, Himpunan Hadis-hadis Shahih yang Disepalazti Oleh Bukhari dan Muslim, Trj, Salim Bahreisy, Surabaya: PT Bina Ilmu Offset, 1996.
Natsir, M, Fiqhud Da'wah, (Ed. S.U. Bajasut) Jakarta: Majalah Islam Kiblat, 1969.
Natsir, M, Capita Selekta, Jakarta, Bulan Bintang, 1973. Thohir Luth, M. Natsir: Dakwah dan Pemikirannya, Jakarta: Cerna Insani, 1999.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.