Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Perangkat Pembelajaran IPA pada Tingkat MI

Authors

  • Parmin Parmin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9011

Keywords:

Lesson Study, Science Learning Device

Abstract

Implementasi lesson study di Madrasah Ibtidaiyah Maqqrijul Huda Pati untuk mengembangkan kerjasama antar guru dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan data penelitian semua perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui lesson study dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuad, A., dan Loetfi, T., “Peningkatan Kolaborasi Antar Guru Melalui Lesson Study”, Exchange Experience on Lesson Study, FMIPA Universitas Negeri Malang, 26 November 2007.

Hendayana, S., Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru (Pengalaman IMSTEP-JICA), Bandung: UPI Press, 2006.

Indrawati dan Rella, Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat, Bermutu: P4TK IPA Bandung, 2010.

Lutfi, M., “Peningkatkan Kualitas Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Pada Pembelajaran IPA Melalui Lesson Study di SMP Negeri 1 Pringen Pasuruan”. Exchange Experience on Lesson Study, di FMIPA Universitas Negeri Malang, 26 November 2007.

Maryoto, G., “Mengoptimalkan Kinerja Peserta didik Dengan Lesson Study Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Pringen Pasuruan”. Exchange Experience on Lesson Study, di FMIPA Universitas Negeri Malang, 2007.

Nasution, Pendidikan IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Parmin dan Siti, A., “Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study”, Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 21, No. 1 (I-ll), 2009.

Purwaningsih, E., “Membangun Kepercayaan Diri Guru Melalui Lesson Study di Pandaan Kabupaten Pasuruan”, Exchange Experience on Lesson Study, di FMIPA Universitas Negeri Malang, 2007.

Saito, “Case Study ofIndonesian Mathematics and Science Teacher”, Journal of ln-service Education, 32 (2): (171-184), 2010.

Saito, H., H.endayana S., dan Haiun, H., Development of School Based in Service Training Under an Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project, Bandung UPI Press, 2010.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Parmin, P. (2024). Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Perangkat Pembelajaran IPA pada Tingkat MI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9011