Kreativitas Guru Pembelajaran Sains Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat Dasar

Authors

  • Dian Noviar Pendidikan Biologi Fakultas Sain dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9023

Keywords:

Kreativitas, Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-postfacto kausal komparatif, dan bertujuan mengungkapkan perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran sains terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif dan afektif. Sampel penelitian ini adalah 5 guru sains biologi kelas VII dari 4 sekolah menengah pertama di Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, DIY. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada kategori kurang baik, hasil belajar peserta didik pada aspek afektifpada kategori cukup baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan tingkat kreativitas guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar kognitif dan aspek afektif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, Teaching Science in Elementary and Middle Schools, America: McKay Company. Inc, 1974.

Freeman, D., Doing Teacher Research, Canada: Heinle & Heinle Publishers, 1998.

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Shallcross, D. J., Teaching Creative Behavior, New Jersey: Prentice-Hall.Inc, 1981.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Suyanto & Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Noviar, D. (2024). Kreativitas Guru Pembelajaran Sains Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat Dasar. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9023