Pengembangan Ensiklopedi IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach dan Indigenous Science Untuk Siswa Kelas VI SD/MI dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013

Authors

  • Dian Noviar Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9065

Keywords:

Ensiklopedi, Science, Scientific Approach Science

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan Ensiklopedi IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach dan Indigenous Science untuk Siswa Kelas VI SD/MI sebagai implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan ensiklopedi IPA terpadu berbasis Scientific Approach dan Indigenous Science yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penilaian para ahli (ahli materi dan ahli media), peer reviewer, dan guru, kualitas ensiklopedi IPA terpadu adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 87,22% sedangkan respon 25 orang siswa hasilnya Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 84,4%. Kesimpulan, bahwa ensiklopedi IPA terpadu yang dikembangkan dengan model ADDIE layak digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD/MI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahira, Anne, “Ensiklopedi” Diakses pada Tanggal 21 Februari pukul 10.34 WIB, Dari: http://www.anneahira, 2011.

Carin A. A., & Sund R. B, Teaching science through discovery, London: Merrill Publishing Company., A Bell., & Howell Information Company, 1989.

Depdiknas, “Panduan pengembangan pembelajaran IPA terpadu SMP atau MTS”, Dari: www. puskur.Net, 2007.

Depdiknas, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi Padmo, Purwanto, dan Ida M Sadjadi, Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, 2004.

Faridah, Listia A. dkk, “Pengembangan Ensiklopedia dan LKS Invertebrata Laut untuk Pembelajaran Biologi”, Bioedu, Vol. 3 No. 3 Agustus 2014, http://ejournal.unesa. ac.id/index.php/bioedu/article/view/9590/baca-artikel, diakses tanggal 14 November 2014.

Gagne, R.M., & Briggs, L.J, Principles of Instructional Design, New York: Holt Rinehart & Winston, 1992.

Hidayati, N., “Pengaruh Penggunan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik”, Vol.03 No.02: 25-29, 2014.

Kemendikbud, Konsep Pendekatan Scientific, Jakarta: Kemendikbud, 2013.

Machin, A., “Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan”, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia”, Vol.3(1): (28-35), 2014.

Piaget, Jean, The Developmental Psycology of Jean Piaget, New York: University of Mimiesota, 1963.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2011.

Sukardjo dan Sari, Lis Permana, PenilaianHasil Belajar Kimia. Yogyakarta: FMIPAUNY, 2008.

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Noviar, D. (2024). Pengembangan Ensiklopedi IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach dan Indigenous Science Untuk Siswa Kelas VI SD/MI dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9065