Pengembangan Sekolah Islam Berwawasan Education For Sustainable Development

Authors

  • Zainal Arifin Program Doktor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9027

Keywords:

Science Education Standards, Indonesia, USA

Abstract

Secara umum, topik kajian mata pelajaran sains di Indonesia di pendidikan dasar hampir sama dengan di Amerika. Namun, ada beberapa perbedaan. Misal: Di Amerika dikaji delapan topik, tapi di Indonesia hanya enam topik. Ada dua topik dalam standar kompetensi sains di Amerika yang tidak dikembangkan dalam standar kompetensi di Indonesia. Dua topik tersebut adalah tentang sejarah perkembangan sains dan konsep kesatuan proses. Penjabaran topik juga berbeda; di Amerika, pada standar sains, kajian tentang lingkungan dalam perspektifpribadi dan sosial. Di Indonesia, pada topik tentang sains, kajian tentang lingkungan terpadu, teknologi, dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaydroes, Fahmi, Majalah Hidayatullah, Jakarta: Hidayatullah, ·2011.

Ali, Muhammad, Pendidikan untuk Pembangunan Nasional, Bandung: PT Imperial Bhakti Utama, 2009.

Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Idi, Abdullah & Suharto, Toto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

M, Noor, Rohinah, The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Musafa', Muh, “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup”, Skripsi, Yogyakarta: lAIN Sunan Kalijaga, 2003.

Purwanto, Heri, “Peron Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Etika Lingkungan Hidup”, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Pusat Penelitian Kebijakan Badan Pene1itian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional, Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) melalui Kegiatan Intrakurikuler, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemdiknas, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam, (ed,): ZainalArifin, Yogyakarta: Fadilatama, 2011.

Http://id.wikipedia.org/wiki/Ekstrakurikuler, diakses pada 10 Mei 2012.

Http://www.slideshare.net/mufangreen/apa-itu-efsd8753018/download.

Http://id.wikipedia.org/wiki/Sampah_organik), diakses pada 12 Oktober 2012.

Http://www.bulletin.belantara.com/2012/05/sampah-organik-dan-anorganik.html, diakses pada 12 Oktober 2012.

Sri Hastuti, Budi, Pendidikan Untuk Pengembangan Berkelanjutan (Education For Sustainable Development) dalam Perspektif PNFI (lmplementasi EfSD pada Program PNFI) dalam jurnal Androgogia November 2009, Diunduh dari EFSD, http://andragogia.p2pnfisemarang.orgwp-contentuploads201011andragogia1_3.Pdf

Zamroni, M, Imam dalam http://dikti.go.id/ index.php?option=com_content&view=article&id=1846%3Apendidikan-berparadigma-pembangunan-berkelanjutan&catid=159%3Artikel-kontn'butor&Itemid=160, diakses pada 8 Mei 2012.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Arifin, Z. (2024). Pengembangan Sekolah Islam Berwawasan Education For Sustainable Development. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9027