Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika di SD Insan Teladan
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9031Keywords:
Education, Character, Lessorts, MathAbstract
Fungsi matematika sangatlah penting dalam berbagai disiplin ilmu dan peningkatan daya pikir manusia. Upaya menjadikan peserta didik sebagai ilmuwan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tidaklah cukup apabila mereka hanya tertumpu pada penguasaan kognitif. Hal ini diperlukanjuga pembekalan pendidikan karakter bagi peserta didik yang. Melalui penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika, diharapkan peserta didik dapat mengamalkan ilmu secara seimbang baik kognitij; psikomorik,maupun afektif.
Downloads
References
Amirul Hadi & Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan 2, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Art-ong Jumsai Na Ayudhya, Integrasi Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Matematik:a dan Ilmu Pengetahuan, Alih Bahasa: Yukti Burhan, Jakarta: Komite Penerbitan Buku, Yayasan Sri Sathya Sai Indonesia, 1999.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Standar lsi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/ MI, Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006.
Heruman, Model Pembelajaran Matemaika di Sekolah Dasar, Bandung: RemajaRosda Karya, 2008.
Ibrahim & Suparni, Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Suka-Press, 2012.
John A. Van de Walle, Matematika Sekolah Dasar dan Menengah, alih bahasa: Suyono, Jakarta: Erlangga, 2006.
Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025, Pemerintah Republik Indonesia, 2010.
Muchlas Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Observasi Partisipan terhadap Guru dan Peserta didik pada tanggal 14 Desember 2012 di Ruang Kelas 4 SD Insan Teladan, Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2008.
Tim Penelitian ProgramDPP Bidang Minat Bakat & Ketrampilan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pendidikan Karakter: Pengalaman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Aura Pustaka, 2011.
Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2010.
http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar/diakses tanggal 26 Nopember 2012.
http://tiriztea.wordpress.com/2010/08/18/7-tokoh-ilmuwan-matematika-islam/ diakses tanggal12 januari 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.