Mengembangkan Konsep Kurikulum Pendidikan Non-Dikotomik: Suatu Paradigma Baru Pendidikan Islam Indonesia

Authors

  • Ijudin Ijudin Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9034

Keywords:

dichotomic, dualism, Islamic education

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya paradigma dikotomik dalam pendidikan pada umumnya dan khususnya kurikulum pendidikan Islam. Akar sejarah munculnya pandangan dualisme pendidikan Islam bersumber dari pandangan formisme. Pandangan ini kemudian dikembangkan dalam aspek kehidupan dunia dan akhirat, kehidupan jasmani dan rohani, sehingga pengembangan kurikulum pendidikan Islam hanya dianggap berorientasi pada keakhiratan. Problem klasik tentang dikotomi-dualistik 'ilmu agama' dan 'ilmu umum' ini harus segera dituntaskan baik pada tingkat filosofis-paradigmatik maupun pada teknis departementalnya. Karena, ilmu pengetahuan adalah satu yaitu  bersumber dari ayat-ayat Qur 'aniah dan kauniah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib, Islam and Secularism, Diterj. Oleh: Karsidjo Djojosuwarso, Bandung: Pustaka, 1981.

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam, alih bahasa: Haidar Bagir, Bandung: Mizan, 1984.

Al-Faruqi, Ismail Raji, Islamisasi Pengetahuan, Terj. Anas Mahyuddin, Bandung : Pustaka, 1984.

Al-Faruqi, Ismail Raji, Tauhid Its Implications for Thought and Life, terjemahan Rahmani Astuti, Bandung: Pustaka, 1988.

Al-Jumbulati, Ali, Perbandingan Pendidikan Islam, terjemahan HM. Arifin, Jakarta: Reneka Cipta, 1994.

G.S. Hodgson, Marshal, The Nature of Islam: Iman dan Sejarah Dalam Peradaban Dunia, Diterj. Oleh: Mulyadhi Kartanegara, Jakarta: Paramadina, 1999

.

Husein, Syed Sajjad dan Syed Ali Ashraf: Crisis in Muslim Education, terjemahan Rahmani Astuti, Bandung: Risalah, 1996.

Ismail SM., dkk., Paradigma Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah lAIN Walisongo, Semarang, 2001.

Kartanegara, Mulyadhi, Membangun Kerangka Ilmu: Perspektif Filosofis, Jakarta, 2000.

Nasr, Seyyed Hossein, Intelektual Islam: Teologi, Filsafat dan Gnosis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Peter Sacks, Standarized Minds, dalam H.A.R. Tilaar, Standarisasi Pendidikan Nasional, Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Pusat Informasi dan Humas, “Rencana Strategis Pengembangan Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009 Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025”, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Suroyo, Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial Menjangkau Tahun 2000 dalam Muslih Usa Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.

Suryadi, Ace dan H.A.R. Tilaar, Analisis Kebijakan Pendidikan, Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Ijudin, I. (2018). Mengembangkan Konsep Kurikulum Pendidikan Non-Dikotomik: Suatu Paradigma Baru Pendidikan Islam Indonesia. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.9034