Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9076Keywords:
results, learning mathematics, the Numbered Heads Together methodAbstract
Matematika masih merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian siswa. Hal tersebut tercermin dari kurang maksimalnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini. Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kuningan masih belum bisa dikatakan maksimal karena masih di bawah nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu penyebabnya penerapan metode pembelajaran klasikal yang cenderung monoton dan kurang memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika SMP Negeri 1 Kuningan dengan diterapkannya metode kooperatif tipe numbered head together, sekaligus untuk mengetahui aktifitas siswa di dalam kelas sehingga aktifitas dan hasil belajar dapat meningkat.
Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kuningan dengan jumlah siswa 36 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Setelah data diperoleh, maka dilakukan penganalisaan dengan menggunakan persentase hasil belajar dan keaktifan siswa pada tiap siklusnya.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar, siklus 1 adalah 52, siklus 2 adalah 70 dan siklus 3 sebesar 83,9 begitu juga rata-rata ketuntasan kelasnya siklus 1 adalah 8,3%, siklus 2 adalah 44,44% dan siklus 3 adalah 80,56%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kuningan siklus I 52,31%, aspek keterampilan kooperatif siswa sebesar rata-rata 60,11 %. Pada siklus II aspek aktivitas siswa memperoleh rata-rata sebesar 72,68 % dan aspek keterampilan kooperatif siswa sebesar 74,99%. Pada siklus III aspek aktivitas siswa rata-ratanya sebesar 87,03dan aspek keterampilan kooperatif siswa rata-rata sebsar 83,79 %.
Downloads
References
Aqib, Zaenal, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya, 2011.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
BSNP, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Huda, Miftahul, Cooperative Learning Metode, Teknis, Struktur dan Model Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Hudoyo, Pengembangan Kurikulum Matematikadan Pelaksanaannya Di Depan Kelas, Surabaya: PT. Usaha Nasional, 1988.
Jihad, Asep, Pengembangan Kurikulum Matematika, Bandung: PT. Multi Presindo, 2008.
Lei, Anita, Cooperatif Learning, Jakarta: PT. Grasindo, 2008.
Purwanto, Ngalim, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Rayana, Euis, “Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Tentang Volume Tabung Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Di SD”, Skripsi, FIP UPI Kampus Tasikmalaya, 2008.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Rusyan, A. Tabrani dkk., Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Karya, 1989.
Slavin, Robert E., Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media, 2010.
Sudjana, Nana, CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Sinar Baru, 1988.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Wena, Made, Startegi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Wiraatmaja, Rociati, Metoda PTK Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.