Strategi Mengusik (Mengeja Dengan Musik) sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9078Keywords:
strategy, music, reading, beginning, elementary schoolAbstract
Kesulitan membaca permulaan menjadi permasalahan tersendiri pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Membaca permulaan adalah keterampilan yang mendasari peserta didik untuk menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya. Pada kelas awal jenjang sekolah dasar, peserta didik berada pada masa bermain. Hal ini menyebabkan peserta didik sulit untuk menerima pembelajaran yang diajarkan secara serius. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada bermain sambil belajar. Dalam dunia anak, nyanyian, lagu, dan musik sangat erat dengan dunia mereka. Jadi, untuk menyesuaikan dunia bermain dan belajar mereka, disusunlah strategi mengusik. Dengan strategi ini, peserta didik di kelas awal jenjang sekolah dasar yang masih kesulitan menguasai keterampilan membaca permulaan
diharapkan dapat lebih cepat menguasainya supaya mereka segera menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya.
Downloads
References
Ahmad, Listiyanto, Speed Reading:Teknik dan Metode Membaca Cepat, Yogyakarta: A+ Plus Books, 2010.
Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Muhaya, Abdul, Bersufi Melalui Musik, Sebuah Pembelaan Musik Sufi Oleh Ahmad al-Ghazali, Yogyakarta: Gama Media, 2003.
Ngalimun dan Alfulaila, Noor, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009.
Pramuki, B. Esti dkk, Materi Pokok Bahasa Indonesia, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
Purwanto, Ngalim dan Alim, Djeniah, Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Rosda Jayaputra, 1997.
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Slamet, Y., Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar, Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, 2007.
Slavin, Robert E. Dkk, Membaca Membuka Pintu Dunia, Program “Success for All”: Model yang Jelas dan Kuat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Sukartiningsih, Wahyu, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 1, 2014.
Wulandari, Marlina, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakn Media Kartu Kata Bergambar Untuk Anak Kelompok B di TK Arjuna Dayu Gadingsari Sanden Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.