Korelasi antara Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9081Keywords:
learning interest, learning achievementAbstract
Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan bahwa “Yang diharapkan pada akhir pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra”. Namun, bagi sebagian siswa MIN Wonosari membaca adalah suatu hal yang dianggap membosankan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase 67,6%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 64,9%, (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X).
Downloads
References
Ana, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Anonim, Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Anonim, Metodologi Statistik Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D Cet X, Bandung: Alfabeta, 2010.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2006.
Ginanjar, Sulistya Nur, “Hubungan Kebiasaan Menonton Televisi dan Minat Baca Siswa SD N Tamansari 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.
Hadi, Sutrisno, Statistik Jilid I, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004.
Hakim, Thursan, Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.
Hawadi, Reni Akbar, Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo, 2001.
Kamah, Idris, Pedoman Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Perpustakaan RI, 2002.
Khairani, Makmun, Psikologi Belajar, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2013.
Manafe, Dina. “Gerakan Gemar Membaca Dicanangkan di Gunungkidul”, Berita Satu. dalam http://www.beritasatu.com/ kesra/300745-gerakan-gemar-membaca-dicanangkan-di-gunung-kidul.html pada tanggal 7 November 2015 pukul 7:04 WIB.
Mulyati, Yeti, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul, Metode Penelitian Kuantitatif Teor dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Prasetyono, Dwi Sunar, Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Usia Dini, Yogyakarta: Think, 2008.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Purwanto, Statistik untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Putra, Andi Madya, “Krisis Minat Baca, Indonesia dalam Masalah”. Kompasiana. dalamhttp://www.kompasiana.com/ andimadyaputra/krisis-minat-baca-indonesia-dalam masalah_5535a3d66ea8 342512da42d2 pada tanggal 3 November 2015 pukul 11:43 WIB.
Putra, R. Masri Sareb, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Jakarta: Indeks, 2008.
Qomarudin, Nurul, “Studi Korelasi Antara Minat Membaca Buku Keagamaan dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo Jawa Timur”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.