Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25Keywords:
Comic Science, Character Education, Natural ResourcesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik IPA bermuatan pendidikan karakter pada materi SDA kelas III MI/SD, mengetahui kelayakan media komik sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA bermuatan pendidikan karakter materi SDA kelas III MI/SD, dan mengetahui respon siswa terhadap media komik IPA bermuatan pendidikan karakter pada materi SDA. Penelitian pengembangan dilakukan melalui prosedur pengembangan yang terdiri dari enam langkah, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan untuk melihat kelayakan media komik IPA ini dengan menggunakan lembar angket. Media komik dinilai dan diberi
masukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dua peer reviewer, dua guru kelas III MI, dan diberi respon 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan komik IPA bermuatan pendidikan karakter dengan tahap: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk. Kelayakan dibuktikan dengan kualitas media Komik IPA berdasarkan penilaian para ahli, peer reviewer, dan guru diperoleh jumlah nilai 279,5 dengan kategori Sangat Baik (SB). Respon siswa kelas III MI diperoleh skor ratarata 17,5 serta persentase keidealannya 96,6% mendapat respon positif.
Kata Kunci: Media Komik IPA, Pendidikan Karakter, Sumber Daya Alam
Downloads
References
Baharudin dan Makin, Moh. Pendidikan Humanistik (Konsep, teori dan praktis dalam dunia pendidikan).Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2011.
Bilikata, 2016. http://bilikata.com/kumpulanmotto-skripsi. Diakases pada Rabu 24 November 2016 BNSP, Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP, 2006.
Cecep & Bambang, Media Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.
Choirul dkk., IPA 3 Salingtemas: untuk kelas III SD/MI, Jakarta: Kemendiknas, 2010.
Dimyanti dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Elsam, 2014, http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikannasional/, diakses 27 November 2016.
Hamzah, Ali dan Muhlisraini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Raja Grafindo, 2014.
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
Ikhsanmfathoni, 2016, Diakses pada 9 Oktober 2016, http://dokumen.tips/documents/draft-desain-pesan-pembelajaran.html.
Khairani, Makmun, Psikologi Belajar, Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013.
Longlifeducation, 2016, Diakses pada 6 Oktober 2016, http://www.longlifeducation. com/2012/10/hakekat-pembelajaranipa-di-sd.html.
Melinda Merdeka Sari, “Pembentukan Pendidikan Karakter si SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto”. Skripsi, Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2016.
Mustofa, Zaenal, dkk., Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas III, Jakarta: Kemendikbud, 2009.
Muzanni, Ahmad dan Muhyadi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016, (1-11), Diakses pada 28 November 2016. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7746/pdf.
Narwanti Sri, Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia, 2011.
Nurgiyantoro, Burhan, Sastra Anak, Yogyakarta: UGM, 2013.
Pupuh dkk,, Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.
Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
Samatowa, Usman, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: Indeks, 2011.
Saputro, Soenarto, dkk. Buku Panduan Penulisan Skripsi Program Study Strata Satu PGMI Fakultas Tariyah, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana, 2010.
Sonneman, Milly R, Mahir Berbahasa Visual: Mengungkapkan Mengungkapkan Gagasan Lebih Cepat daripada Kata, Bandung: Kaifa, 2002.
Sri Kusni, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pangonan 01 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012/2013”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
Subini, Nini dkk., Psikologi Pembelajaran, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.
Sudjana, N. dan Rrgivai, A., Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2011.
Sukiman, Pengembangan Media Pembealjaran, Yogyakarta: Pedagodia, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.