Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas)
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.14Keywords:
Character Education, Learning Aqidah Morals in MIAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, di antaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran besar dalam
penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabuaten Sambas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter adalah dengan mendesain perencanaan pembelajaran dengan melibatkan media, (2) penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa yang dilakukan telah mengacu pada tata tertib maupun aturan yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam setiap kegiatan atau proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan dasar/MI, (3) evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak biasanya berupa ujian tugas dari guru, ulangan harian, nilai UTS dan ulangan UAS siawa. Penyampaian pembelajaran Aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang diterapkan oleh guru mata pelajaran dari masing lokasi penelitian tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIDownloads
References
Abdullah bin, Abdil Hamid al-Atsari, Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005.
Aly, Hery Noer dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta Utara: Friska Agung Insani, cet, III, 2008.
Azzet, Akhmad Muhaimin, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2001.
Kesuma, Dharma dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Marzuki, Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: FIS Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mujib, Abd, Muhaimin Tadjab, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama,1994.
Parsons, Les, Bullied Teacher Bullied Student, terj. Grace Worang, Jakarta: Grasindo, 2009.
Samani, Muchlas dan Hariyanto, M.S., Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya, 2007.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.