Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129Keywords:
PISA, Kemampuan Literasi Sains, MIN Tanuraksan KebumenAbstract
Hasil survei terbaru Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2015 terhadap kemampuan literasi sains di Indonesia sangat memprihatinkan. Indonesia memperoleh nilai rata-rata skor 493 dan berada di peringkat 62 dari 70 negara anggota. Meskipun demikian, kemampuan literasi sains pada jenjang madrasah ibtidaiyah belum tercakup dalam survey tersebut. Karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan literasi sains peserta didik pada jenjang madrasah ibtidaiyah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah di validasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris keterpakaian menggunakan program Anates V-4. Populasinya yakni peserta didik kelas V MIN Tanuraksan. Analisis data yang digunakan yakni dengan statiska deskriptif. Menurut PISA, literasi sains memiliki tiga dimensi yakni dimensi konteks, dimensi proses dan dimensi sikap. Mengacu pada tiga dimensi tersebut, hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik MIN Tanuraksan menunjukkan skor dengan kategori tinggi dengan presentase 62,16%.Downloads
References
Ardianto, Didit, and Bibin Rubini, “LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED”, Unnes Science Education Journal 5, no. 1 (February 29, 2016), https://doi.org/10.15294/ usej.v5i1.9650.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Peringkat Dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan,” Desember 2016. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dancapaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.
Dewi, Pramita Sylvia, and Diana Rochintaniawati, “KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA TEMA GLOBAL WARMING”, EDUSAINS 8, no. 1 (June 27, 2016): 18–26, https://doi.org/10.15408/ es.v8i1.1564.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, “Ingin Mengetahui Profil Lembaga Pendidikan Islam?” EMIS, 2016. http:// emispendis.kemenag.go.id/emis2016v1/.
Hayat, Bahrul, and Sujendra Yusufm, Benchmark Intenational Mutu Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hilman, Irfan, and Sud Zakiah Dewi, “Mungkinkah Membangun Literasi Sains di SD/MI Dengan Kompetensi Guru di Indonesia?” In Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi Sains, 2:39–44, Bandung: Sekolah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Izwadi, Hazrul, “Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis”, Desember 2016, http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumitdari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html.
Miharja, Fuad Jaya, “Literasi Islam & Literasi Sains Sebagai Penjamin Mutu Kualitas Manusia Indonesia Di Era Globalisasi.” In Prosiding Seminar Nasional II Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 1010–18. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, 2016.
MIN Tanuraksan, “Dokumentasi Prestasi MIN Tanuraksan TA-2015-2017”, Kebumen, Jawa Tengah: MIN Tanuraksan, 2017.
National Research Council, National Science Education Standards, Washington, DC: the National Academy Press, 1996.
OECD, PISA 2015 Result: Student On Line, Vol. VI, Perancis: OECD Publishing, 2015.
Rohandi, R., Memberdayakan Anak Melalui Pendidikan Sains-Pendidikan Sains Yang Humanistis, Yogyakarta: Kanisius, 1997.
Samatowa, Usman, Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jakarta: Indels, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Supriyono, Wawancara dengan Guru Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen, April 16, 2018.
Sutisnawati, Astri, “Penerapan Literasi Sains Di Sekolah Dasar”, In Membangun Imajinasi Dan Kreativitas Anak Melalui Literasi, 2:67–78, Bandung: Sekolah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and H. Andrian Rustaman, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: Humaniora, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.