Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127Keywords:
Metode, Struktural Analitik Sintetik, Disleksia.Abstract
Membaca merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh anak. Tidak semua anak dapat belajar membaca dengan mudah, pada beberapa kasus ditemukan anak yang kesulitan belajar membaca atau dikenal dengan istilah disleksia.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, artinya data yang dikumpulkan bukan merupakan angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari wawancara, catatan lapangan dan dokumen resmi lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian di SDN Watuaji 1 Jepara dapat diketahui bahwa beberapa anak yang mengalami kesulitan membaca disebabkan oleh perhatian orang tua yang kurang dan faktor intelegensi maupun sosio-ekonomi. Pelaksanaan metode struktural analitik sintetik dalam pembelajaran anak disleksia dapat membantu anak dalam mempermudah belajar membaca. Pelaksanaan metode struktural analitik sintetik dilakukan dengan menyajikan kalimat secara utuh, kemudian kalimat itu dianalisis menjadi kata, suku kata, dan huruf, serta unsur huruf tersebut dirangkaikan hingga menjadi kalimat kembali. Penggunaan metode struktural analitik sintetik selain dapat membantu kesulitan membaca juga dapat meningkatkan kerjasama anak dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Adhim, M. Fauzil, Membuat Anak Gila Membaca, Bandung: Mizan Media Utama, 2004.
Marhaeni, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.
Moleong, J. Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Puji Santoso, Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Suryabrta, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grafindo, 2012.
Wassid, Iskandar, dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.