Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169Keywords:
Keterampilan Sosial, Peserta Didik, Pembelajaran TematikAbstract
Keterampilan sosial peserta didik mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajaran tematik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu yaitu tahap perencanaan yang meliputi mengambil tema dari Kemendikbud RI, mengecek/melihat SKL, KI, KD, melakukan Pemetaan KI,KD, membuat jaringan tema, menyusun silabus, dan merancang RPP, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan tahap evaluasi. Kedua, keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilan bekerja sama dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri dan keterampilan berbagi pikiran dan pengalaman dengan orang lain. Ketiga, faktor pendukung pengembangan keterampilan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktor penghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, dan distribusi sumber belajar terlambat. Keempat, dampak pengembangan keterampilan sosial peserta didik yaitu sikap disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain.
Downloads
References
Azzet, Muhaimin Akhmad, Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak,
Yogyakarta: Katahati,2014.
Maryani, Enok, “ Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa”, Jurnal Penelitian, Vol.9,No.1, April 2009.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdyakarya, 2009.
Nur, M. & Rini, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2010.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013Pendidikan Dasar dan Menengah.
Smith dan Bremer, “Teaching Social Skill”, International Center on Secondary Education and Transition Information Brief, Vol.3, Issue5, 2004.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Media Group, 2011.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Utomo, Hardi, “ Kontribusi soft skill dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan”, Jurnal Among Makarti , Vol.3 No.5, 2010.
Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi menuju Era Globalisasi),Jakarta:PSAP,2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.