Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots Pada Peserta Didik Kelas IV MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Authors

  • Purnaida Purnaida MI Ma’arif Dondong, Dondong, Bendungan, Wates, Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.168

Keywords:

Hasil belajar HOTS, Pengembangan Subject Spesific Pedagogy

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) tematik: pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan validasi SSP divalidasikan kepada ahli bahasa, ahli materi, dan ahli instrumen. Tahap selanjutnya produk direvisi dan diuji cobakan di MIN 2 Kulon Progo. Tahap terakhir adalah merevisi kembali produk sebagai akhir dari pengembangan produk pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) tematik. 2) Kualitas kelayakan produk pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) tematik didasarkan pada hasil validasi ahli bahasa, ahli materi, dan ahli instrumen. Hasil validasi ahli bahasa mendapatkan skor 3,50 dengan kategori sangat baik. Skor validasi ahli materi ialah 3,30 dan berada pada kategori sangat baik. Hasil validasi intrumen menunjukkan nilai 3,27 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 57,17 naik menjadi 80,87. Hasil validasi ketiga ahli menunjukkan bahwa produk pembelajaran Subject Spesific Pedagogy (SSP) tematik memang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, Sinta Ayu, “Keefektifan Pendekatan Saintifik Berbantuan Booklet Higher Order Thinking Skills Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, 2015.

Anderson, Lorin. W dan David R.Krathwohl. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Terjemahan oleh Agung Prihantoro (ed.), Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2010.

Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016. Arsyad, A, “Media Pembelajaran”, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Baker, Colin, Teaching by Principle, an Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Aprentice Hall Regents, 1991.

Borg, W.R. & Gall, M. D, Educational Researcher: an Introduction (4th ed). New York: Longman, 1983.

Collins, G. & Dixon, H, Integrated Learning Planned Curriculum Units, Gosford: Bookshelf, 1991.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Draf Panduan Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Draf penduan PPG Bintang, 2008.

Djamarah dan Zain, “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Drake, S.M. & Burns, R.C., Meeting standards through integrated curriculum, Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development, 2004.

Ernawati, L, “Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam’, Prosiding, Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2017.

Fitriani, N, Husen Widayana dan Jenuri. “The Influence Of Hots Through SPPKB Model In Mathematics Learning To Student’ Creative Thinking Ability”. Juni 2015. hlm.3

Hamid, AA, “Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPA”, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2009. Hasan, Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Hernawan, A.S, “Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran”, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Hosnan, M, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

Iswadi, Hazrul, “Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 yang Baru Dirilis”, dalam www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-dari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html. Diakses tanggal 23 Juni 2018.

Julianingsih, Suhaesti, “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa Di SMP”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan PMIPA, Universitas Lampung, 2017.

Kemdiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah, Jakarta: Pusat Kurikulum, 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (MI),(Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peduli Terhadap Makhluk Hidup: Buku Guru Kelas IV, Eds. Revisi, Cet. Ke 4, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peduli Terhadap Makhluk Hidup: Buku Siswa Kelas IV, Eds. Revisi, Cet. Ke 4, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, 2017.

Leach, J., & Moon., The power of pedagogy, India: SAGE Publiscations Ltd., 2008.

Mahesa, Ocky Anugrah, “Biaya Pendidikan Habiskan 20 Persen APBN 2018, Ini Rinciannya”, dalam http://news.m.klikpositif.com/baca/25078/biaya-pendidikan-habiskan-20-persen-apbn-2018-ini-rinciannya.html. Diakses tanggal 23 Juni 2018.

Majid, A., Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Cet.5, Bandung: Rosdakarya, 2013.

Mathews, B.J., Learning Through an Integrated Curriculum Approaches and Guidelines. Victoria: Ministry of Education, 1989.

Mulyasa, E, “Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif, dan Menyenangkan”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Prastowo, Andi, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Purbaningrum K. A, “Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar, JPPM 10. No. 2. Tahun 2017, hlm. 40.

Riska Dilliyani, “Pengembangan SSP berbasis domain kognitif sains untuk menanamkan karakter peserta didik SMP”, Tesis, Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Rofiah, dkk, Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP, dalam Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1, Nomor 2, 2013, hlm.17.

Samatoa, U “Bagaimana Membelajarkan IPA di SD”, Jakarta: Depdiknas, 2006. Sanjaya, Wina, Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008.

Schraw dan Daniel, Assesment of Higher Order Thinking Skills, Australia: Information Age Publishing, 2011.

Sudjana, N, “ Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”, Bandung: Rosdakarta, 2009. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Suprihatiningrum, Jamil, “Penerapan Subject Specific Pedagogy Sains SD Kelas 5 dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Peserta Didik”, dalam www.eprints.uny.ac/id/eprints/45851. Diakses tanggal 8 Mei 2018.

Tri Widodo, “Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Nomor 1, Februari 2013.

Widoyoko, EP, “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Downloads

Published

2019-04-22

How to Cite

Purnaida, P. (2019). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots Pada Peserta Didik Kelas IV MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 187–210. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.168