Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Studi Tentang Best Practice yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.166Keywords:
Kurikulum 2013, Respon Guru, Best practice Implementasi KurikulumAbstract
Penerapan kurikulum baru, yaitu implementasi Kurikulum 2013 di sekolah telah dimulai sejak bulan Juli 2013. Implementasi Kurikulum tersebut diharapkan mendorong peningkatan kualitas manajemen dan proses pendidikan pada setiap satuan pendidikan yang mengarah pada upaya peningkatan mutu pendidikan. Dilatarbelakangi oleh adanya penerapan kurikulum 2013 yang berorientasi pada pencapaian kompetensi abad-21 dan pendidikan karakter dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0 tersebut, penelitian ini ingin mengungkap permasalahan yang berkenaan dengan "Bagaimanakah respon guru SD terhadap terhadap implementasi Kurikulum 2013 di Kota Bandung dilihat dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum 2013? dan "Best Practice" apa yang dapat dicontoh dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru SD di Kota Bandung? Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon guru SD terhadap terhadap implementasi Kurikulum 2013 di Kota Bandung berada pada kategori positif. Untuk kegiatan perencanaan berada pada kategori sangat positif, sedangkan untuk kegiatan pelaksanaan dan penilaian kurikulum berada pada kategori positif. Terdapat beberapa "best practice" yang dapat dicontoh dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dari guru SD di Kota Bandung terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 berupa kegiatan "sharing", "hearing", "in house training", dan "modelling real teaching" yang dilaksanakan di KKG atau KKG gugus.Downloads
References
Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Hasan, S.Hamid. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK.
Hasan, S.H. 2007. Pengembangan Kurikulum Sekolah dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana.
Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marsh, C. J. 2004. Key Concepts for Understanding Curriculum, 3rd edition. Oxon: RoutledgeFalmer.
Miller, J.P & Seller Wayne. 1985, Curriculum; Perspective and Practice. London: Longman.
Ornstein, A.C. & Hunkins, F.P. 2009. Curriculum, Foundations, Principles, and Issues. Fifth Ed. Singapore: Pearson.
Pinar, W.F., & Irwin, R.L. (eds). 2005. Curriculum in a New Key: The Collected Works of Ted T. Aoki. NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Permendikbud Nomor 66 Tentang Standar Penilaian. Jakarta. Kemendikbud.
Rusman (2013) Manajemen Kurikulum. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada
Susilana. R. (2013). The Implementation of Diversified Curriculum in Elementary Schools (A Study on the Contribution of Self-Efficacy of Curriculum Development Team and Document Quality to the Implementation of Diversified Curriculum in West Java). Dissertation. Bandung: FPS UPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.