Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164Keywords:
Layanan Guru Kelas, Pendidikan Dasar, Slow LearnerAbstract
SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah yang berbasis inklusi. Sekolah tersebut memiliki beberapa golongan siswa berkebutuhan khusus, termasuk slow learner di dalamnya. Siswa slow learner yang ada di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan salah satu siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah yang cukup besar. Siswa slow learner tersebut belajar berdampingan dengan siswa normal dan siswa dengan kebutuhan khusus lainnya. Hal tersebut menjadikan peneliti ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk menggali data tentang layanan yang diberikan guru kelas kepada siswa slow learner di sekolah inklusi. Objek dari penelitian tesis ini adalah layanan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah inklusi. Sedangkan subjeknya adalah guru kelas yang berjumlah lima orang. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian layanan oleh guru kelas bagi siswa slow learner di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta yang mencakup 3 hal, yaitu modifikasi alokasi waktu, modifikasi isi atau materi, dan modifikasi proses pembelajaran sudah terlaksana. Selain itu, ditemukan juga adanya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Layanan yang diberikan oleh guru kelas belum terlaksana dengan maksimal, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa slow learner. Selain itu, belum adanya program pebelajaran individu bagi siswa slow learner.
Downloads
References
Abdul, dkk. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif , Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009
G. Lokanadha Reddy. “Slow Learner: Their Psychology and Instruction “. New Delhi: Discovery Publishing House, 2006: 11-15.
Nunung Apriyanto. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera, 2012.
Nur Khabibah. “Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner)”. Jurnal Didaktika, Vol. 19 No. 2, Februari 2013: 1.
Sehmawati. “Kajian Program KB 2 Anak Cukup terhadap Nilai Anak dengan Keinginan Wanita Menambah Anak”. “Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak”. Akademi Kebidanan An-Nur. Vol. 1, No. 1, Desember, 2016: 43.
Sugihartono, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007
T. Sutjihati Soemantri. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama, 2006. UUSPN Pasal 5 ayat 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.