Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab

Authors

  • Rahmah Khaerotin Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-01

Keywords:

Multimedia Interaktif, 3D Aurora Presentation, Writing skills

Abstract

The problem of students who feel difficulties in writing learning is caused by the absence of learning media thereby reducing student creativity. For this reason, it is necessary to develop educational media as a medium that can motivate students to learn Arabic. This study aims to find out how the results of the analysis of the needs of teachers and students towards 3D Aurora-based interactive multimedia learning media Presentation is carried out by collecting data through the questionnaire needs. This study uses Research and Development (R & D) Design. The research data was obtained by interview, observation, and documentation techniques. The results of this study are that teachers and students want the development of 3D interactive multimedia-based learning media Aurora Presentation for Arabic writing skills in class V MI. We can know that the value of the overall aspects of media feasibility is 91.5, which means that the overall value of the aspect of media feasibility is in the range of scores of 86-100 reaching a scale of 4 with a very decent category (very suitable). Thus it can be concluded that the 3D Aurora Presentation-based interactive multimedia that the researchers developed is very feasible to be used by fifth-grade students.

Abstrak

Permasalahan siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis yang disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran sehingga mengurangi kreatifitas siswa. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media edukasi sebagai media yang dapat memotivasi siswa dalam belajar bahasa Arab.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif 3D Aurora Presentation yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui angket kebutuhan. Penelitian ini menggunakan Desain Research and Development (R&D). Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif 3D Aurora Presentation untuk keterampilan menulis bahasa Arab kelas V MI. Dapat kita ketahui bahwa nilai dari keseluruhan aspek kelayakan media adalah 91,5 yang mana itu berarti nilai keseluruhan aspek kelayakan media berada pada rentangan skor 86-100 mencapai skala 4 dengan kategori sangat layak (sangat sesuai). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis 3D Aurora Presntation yang peneliti kembangkan sangat layak digunakan oleh siswa kelas V.

Kata kunci: Multimedia Interaktif, 3D Aurora Presentation, Keterampilan Menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anani. Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Ariani. Pembelajaran Multimedia. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Asyrofi, Syamsuddin. Model, Strategi Dan Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2014.

Daryanto. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Hamidi. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press, 2000.

Hermawan, Acep. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Hermawati. “Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Perangkat Lunak Bantu 3D Aurora Presentation Bagi Guru Di Sekolah Menengah.” Laboratorium Komputer Jurdik Matematika UNY. Yogyakarta, 2012.

Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Putri, Evrida Eka. “Pengembangan Media Berbasis 3D Aurora Presentation Pada Tema Lingkungan Hidup Subtema Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Karang Besuki 3 Malang.” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016.

Sadirman. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Santoso, Budi, and Yudha Anggana Agung. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Aurora Presentation Pada Mata Pelajaran Rangkain Elektronik Di SMK Negeri 1 Nganjuk.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 6, no. 1 (2017).

Sugiyono. Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata. Metodelogi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Syamsudin. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.

———. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2017.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles