Evaluasi Mahārah Al-Qirā’ah Dalam Buku Ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-06Keywords:
Evaluation, reading skill, textbookAbstract
This research aims to determine the type of evaluation, evaluation techniques, and the quality of the instrument for evaluating reading skills in the textbook " Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah". The type this research is library research whose object is textbook "Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah". Meanwhile, the authors analyzed data using content analysis were conducted using the observation of data sources both primary and secondary. The results of this research to show that this type of reading skills evaluation in textbook Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah is a type of formative evaluation and diagnostic evaluation. Reading skills evaluation techniques in this book include test technique and non-test technique. The quality of the reading skills evaluation instrument in this book in terms of the material contained multiple-choice items and descriptions that do not match the indicator. In terms of construction, there are some components that are not fulfilled clause study on item true-false, stuffing or short-answer and multiple choice. in terms of language, the overall quality of the evaluation instruments is good.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis evaluasi, teknik evaluasi, dan kualitas instrumen evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku teks Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah merupakan jenis evaluasi formatif dan diagnostik. Teknik evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ini meliputi teknik tes dan teknik non-tes. Kualitas instrumen evaluasi mahārah al-qirā′ah dalam buku ini, dilihat dari segi materi terdapat butir soal pilihan ganda dan uraian yang tidak sesuai indikator. Sedangkan dari segi konstruksi, terdapat beberapa komponen telaah butir yang tidak terpenuhi pada butir soal benar-salah, isian atau jawaban singkat dan pilihan ganda. Adapun dari segi bahasa, secara keseluruhan kualitas instrumen sudah baik.
Kata kunci: Evaluasi, Mahārah Al-Qirā′ah, Buku Ajar.
Downloads
References
Ainin, M. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2006.
Asyrofi, Syamsuddin, and Toni Pransiska. Penulisan Buku Teks Bahasa Arab Konsep, Prinsip, Problematika, Dan Proyeksi,. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.
Depdiknas. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, n.d.
Hamid, M. Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, Dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Muhaddiyah, Emi Rosyidatul. “Analisis Butir Soal Latihan Dalam Buku Durūsu Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Terbitan Kemenag Tingkat Madrasah Tsanawiyah.” Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Munip, Abdul. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Muslich, Masnur. Text Book Writing Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2016.
Nasution, Syamsiyah. “Analisis Perbandingan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah 2 Yogyakarta Dengan MTs Negeri Sleman Kota.” UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sujana, Nana, and Ahmad Rifai. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1989.
Sukiman. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani, 2011.
Tarigan, Henry Guntur, and Djago Tarigan. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: UIN Malang Press, 1986.