Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa

Authors

  • Muhajirun Najah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-07

Keywords:

Learning, Language Aquisition, Arabic, Sharaf

Abstract

Learning in a simple way is an effort to influence emotional, intellectual and spiritual to learn at their own volition. There are many elements can influence some of these things and become the obligation to the teacher as facilitators in learning, he has to prepare and apply them. Language learning is related to applied linguistics that discusses language acquisition. one of the materials in learning Arabic related to linguistics is shorof. The research aims to find out how shorof learning with language acquisition models. This study uses descriptive qualitative methods, and the conclusions in this study are in the form of various kinds of shorof learning difficulties experienced by teachers and students and need the development of shorof learning with language acquisition models so learning process not become difficult material for students to learn.

Abstrak

Pembelajaran secara sederhana adalah sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual dan spritual seseorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri. Terdapat banyak unsur yang dapat mempempengaruhi beberapa hal tersebut dan menjadi kewajiban dari pendidik sebagai fasilitator dalam pembelajaran untuk menyiapkan dan mengaplikasikannya. Pembelajaran bahasa sangat erat kaitannya dengan linguistik terapan yang membahas bagaimana sebuah bahasa tersebut dapat diperoleh. salah satu materi materi dalam pembelajaran bahasa Arab yang erat kaitannya dengan linguistik adalah pemebalajran shorof. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran shorof dengan model pemerolehan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini berupa berbagai macam kesulitan pembelajaran shorof yang dialami oleh pendidik dan peserta didik, dan diperlukan pengembangan pembelajaran shorof dengan model pemerolehan bahasa sehingga pembelajaran shorof tidak lagi menjadi materi yang susah dikuasai oleh peserta didik.

Kata kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Shorof, Pemerolehan Bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alif Cahya Setiyadi, and Mohammad Syam’un Salim. “Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen.” Jurnal At-Ta’dib 8, no. 2 (2013).

Arsanti, Meilan. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik).” Jurnal PBSI 3, no. 2 (2014).

Dardjowidjojo, Soenjono. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2012.

Degeng, I Nyoman. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud RI dan Dirjen Dikti, 1993.

Dimyati, and Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Fatmawati, Suci Rani. “Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjuan Psikolinguistik.” Lentera 18, no. 1 (2015).

Hartati, Tatat. Modul Pemerolehan Dan Perkembangan Bahasa Pada Anak, n.d.Hasan, Tamam. Manahij Al-Bahs Fi Al-Lughah. Mesir: Maktabah al-Anjalu al-Mishriyah, n.d.

Nabella. “Jelaskan Tentang Bahasa Reseptif Dan Bahasa Produktif?,” 2016. http://gurupintar.com/threads/jelaskan-tentang-bahasa-reseptif-dan-bahasa-produktif.7577/.

Nasution, S. Asas- Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Pranowo. Analisisi Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.

Rohmani Nur Indah, Abdurrahman. Psikolingistik Konsep Dan Isu Umum. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Syakur, Nazri. Proses Psikologik Dalam Pemerolehan. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles