Character Education Model in Arabic Learning at Madrasah Aliyah / Model Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.05Keywords:
Education, Character, Arabic, Pendidikan, Karakter, Bahasa ArabAbstract
Character education that is integrated in learning changes the mindset towards learning that is only in the cognitive realm. The emergence of character education makes character an important aspect of learning. Besides the material presented, there are characters that are formed and the expectations of the behavior of students that change for the better. This research aims to analyze the character education model in Arabic learning materials and Arabic learning activities at Madarsah Aliyah. This library research uses references from various data, books and journal articles. Data collection techniques by reviewing and analyzing data by collecting data, identifying and understanding, analyzing, presenting and concluding. The results showed that the character education model in Arabic learning materials: kalām material in the form of the story of the Prophet's shahabah, figures who have influence in the development of Islam, science, heroes, kitābah material by asking students to write texts related to the morals of parents, morals towards the environment, respect for teachers, qira’ah material taken from the reality of social life that occurs in the community, inspiring young figures, motivational stories, istimā 'material in the form of stories of prophets and clerical figures, poetry, Arabic songs. The characters education model in learning Arabic at Madarsah Aliyah are inculcation, role model, facilities, and skills development.
Keywords: Education, Character, Arabic
Abstrak
Pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran mengubah pola pikir terhadap pembelajaran yang hanya pada ranah kognitif saja. Kemunculan pendidikan karakter menjadikan karakter salah satu aspek penting yang dituju dalam pembelajaran. Disamping materi yang disampaikan ada karakter yang terbentuk dan harapan tingkah laku peserta didik yang berubah ke arah lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pendidikan karakter dalam materi pembelajaran bahasa Arab dan kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di Madarsah Aliyah. Penelitian kepustakaan (Library Research) ini menggunakan rujukan dari berbagai data, buku dan artikel Jurnal. Teknik pengumpulan data dengan penelaahan dan analisis data dengan mengumpulkan data, mengidentifikasi dan memahami, menganalisis, penyajian dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter dalam materi pembelajaran bahasa Arab : materi kalām berupa kisah sahabat Nabi SAW, tokoh yang memiliki pengaruh dalam pekembangan Islam, ilmu pengetahuan, pahlawan, materi kitābah dengan meminta siswa menuliskan teks terkait akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap lingkungan, hormat pada guru, materi qira’ah diambil dari realitas kehidupan sosial yang terjadi ditengah masyarakat, tokoh muda menginspirasi, cerita motivasi, materi istimā’ berupa kisah para nabi dan tokoh ulama, puisi, lagu Arab. Model pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di Madarsah Aliyah yaitu inkulkasi, teladan, fasiliti, dan pengembangan keterampilan.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Bahasa Arab
Downloads
References
Aflisia, Noza, and Partomuan Harahap. “Eksistensi Biah Lughawiyah Sebagai Media Berbahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadatsah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Curup.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 8, no. 1 (2019). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.
Ahyar, Haerul. “Penguasaan Mufrādat Dan Qawā’id Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2018): 259–74. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-06.
Alkhuder, Humood. “Kun Anta.” n.d.
Hamdun, Dudung. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter Di Sekolah Dasar.” Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter FENOMENA 8, no. 1 (2016). http://fendizarkha.blogspot.com.
Jaelani, Ahmad, and Aan Hasanah. “Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” INCARE, International Journal of Educational Resources 1, no. 2 (August 8, 2020): 75–89. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/index.
Jerome, Lee, and Ben Kisby. The Rise of Character Education in Britain: Heroes, Dragons and the Myths of Character. Edited by James Sloam, Contance Flanagan, and Bronwyn Hayward. Springer International. Vol. 15. Switzerland: Palgrave Macmillan, 2019. https://doi.org/10.1386/ctl_00023_5.
Khasanah, Nurul. “Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Potensi/ Fitrah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2018): 159–80. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-01.
Lee, In Jae. Handbook of Moral and Character Education. Edited by Larry Nucci, Darcia Narvaez, and Tobias Krettenauer. Handbook of Moral and Character Education. 2nd ed. New York dan London: Routledge, 2014. https://doi.org/10.4324/9780203114896.
Munif, Miftakhul. “Pendidikan Karakter Dalam Bahan Ajar Bahasa Arab Kelas 3 Madrasah Ibtida’iyah Kurikulum 2013.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman VII, no. 2 (2018). http://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview.
Mustaqim, Muhamad. “Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pada Pembelajaran Di Pendidikan Dasar.” ELEMENTARY 3, no. 1 (2015). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/viewFile/1448/1324.
Nurhayati, S. “Character Education for 21st Century Global Citizens.” In Proceedings of the 2nd International Conference on Teacher Education and Professional Development (INCOTEPD 2017), edited by Endah Retnowati, Anik Ghufron, Marzuki, Kaslyan, Adl Cilik Plerawan, and Ashadi, 667. Indonesia: Taylor & Francis, 2017.
Setiyawan, Agung. “Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Nadwa 9, no. 2 (2015): 127. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.2.519.
Solihin, Ihin, Aan Hasanah, and Hisny Fajrussalam. “Core Ethical Values of Character Education Based on Islamic Values in Islamic Boarding Schools.” International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 3, no. 2 (July 20, 2020): 21–33. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v3i2.51.
Toifah, Nur. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter. Malang: Literasi Nusantara, 2019. www.penerbitlitnus.com.
Walid, Muhammad. “Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Agama Islam (Studi Tentang Pendidikan Karakter Berbasis Ulul Albab Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).” Jurnal EL-QUDWAH. Vol. 1, 2011. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/lemlit/article/view/1943.
Wibowo, Sareh Siswo Setyo. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Bahasa Arab (ISMUBA) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga.” Purwokerto, 2017. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2812/.
Zuchdi, Darmiyati, Sodiq A Kuntoro, Zuhdan Kunprasetya, and Marzuki. Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Komprehensif. Edited by Darmiyati Zuchdi and Sismono La Ode. Yogyakarta: UNY Press, 2010.
Zukhaira, Mohamad Yusuf, and Hasyim A. “Desain Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter Dan Budaya Kelas A Dan B TK Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 30, 2013. http://blog.unnes.ac.id/karakteristik-.
Zuliana, Erni. “Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri I Sragen Jawa Tengah).” An-Nabighoh 19 (2017): 127–56. http://www.majalahpendidikan.com/2011/10/apa-karakter-dan-pendidikan-.