The Material Analysis and Learning Method of Nahwu in the Book of Qawa'id Al-Asasiyyah Li Al-Lughah Al-'Arabiyyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.06Keywords:
Materi, Metode Pembelajaran Nahwu, Kitab Qawa’id al-Asasiyyah li al-Lughah al-‘Arabiyyah, The learning materials, Nahwu learning method, Book Qawa 'id Al-Asasiyyah Li Al-LughahAl-ArabiyyahAbstract
The learning materials are knowledge, behavior, and competence that students must learn to achieve the established standards of competence. A learning method is used as lesson materials presented to students in the class, both individually and in groups. These are essential learning components to discuss, for the right learning methods will make it easier for students to receive the given learning materials. It aims to know the material's content and the methods of learning Nahwu book Qawa 'id Al-Asasiyyah Li Al-Lughah Al-Arabiyyah. The study is a library study (library research), a descriptive-analytical nature, Focusing on the aspects of selection, graduations, presentations, and repetitions in the material presented. The study's result is that the book Qawa 'id Al-Asasiyyah Li Al-Lughah Al-Arabiyyah uses deductive methods in its Nahwu learning methods. From the selection aspect, the book's vocabulary has a purpose to Apply Nahwu to Arabic verse, verse The Quran, and specific themed readings. From the gradations' aspect, in the gradations aspect typology of straight gradations, only a few subchapters use varying shades. As for the aspect of the presentation, the learning representation aspects more on an I 'rab analysis on a fair reading text of a manuscript, a magazine newspaper, a Qur 'an, and so on. Then on the aspect of the rehearsal, using a matter of evaluation tools. There is a supplement of I 'rab to reinforce the subject of qawa'id.
Keywords:The learning materials, Nahwu learning method, Book Qawa 'id Al-Asasiyyah Li Al-LughahAl-Arabiyyah.
Abstrak
Materi pembelajaran merupakan pengetahuan, perilaku, dan kemahiran yang harus dipelajari oleh siswa untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan. Metode pembelajaran dimanfaatkan guru sebagai alat penyajian materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas baik secara individu maupun kelompok. Dua hal tersebut merupakan komponen pembelajaran yang penting untuk dibahas, karena metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi materi dan metode pembelajaran Nahwu kitab Qawa’id al-Asasiyyah li al-Lughah al-‘Arabiyyah. Jenis penelitian adalah kajian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif – analitis, dengan fokus kajian pada aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi dalam penyajian materi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kitab Qawa’id al-Asasiyyah li al-Lughah al-‘Arabiyyah menggunakan metode deduktif (qiyasi) dalam metode pembelajaran Nahwunya. Dari aspek seleksi, kosakata kitab memiliki tujuan untuk mengaplikasikan ilmu Nahwu pada syair Arab, ayat Al-Qur’an dan bacaan bertema tertentu. Dari aspek gradasi, secara umum kitab ini menggunakan tipologi gradasi lurus, hanya pada beberapa sub bab menggunakan gradasi putar. Sedangkan dari aspek presentasi, strategi pembelajaran yang digunakan pada kitab lebih berfokus pada analisis i’rab pada sebuah teks bacaan baik berupa naskah, koran majalah, Al-Qur’an, dan lain lain. Kemudian pada aspek repetisi, menggunakan alat evaluasi yang berupa soal-soal dan latihan. Selain berupa soal dan latihan, ada suplemen berupa i’rab untuk menguatkan materi tentang qawa’id.
Kata kunci: Materi, Metode Pembelajaran Nahwu, Kitab Qawa’id al-Asasiyyah li al-Lughah al-‘Arabiyyah.
Downloads
References
Ahmad, Sehri, ‘Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab’, Jurnal Hunafa, 7.No.01 (2010)
Al-Hasyimi, Ahmad, ‘Qawa’Id Al-Asasiyyah Li Al-Lughah Al-‘Arabiyyah’ (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2018)
Azhari, Afifa Wijdan, ‘'Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas VI Madrasah Ibtidaiyyah Terbitan Karya Toha Putra’’, Jurnal Alsuniyat, 1.No.02 (2018)
Bahri, Samsul, ‘Perbandingan Metode Deduktif Dengan Induktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Mapan, 5.No.02 (2017)
Hadi, Nurul, ‘Pembaharuan Ilmu Nahwu Menuju Pembelajaran Bahasa Arab Praktis’, Jurnal Okara, 6.No.1 (2012)
Khoirunnida, ‘Studi Komparasi Antara Kitab Mulakhas Qawa’id Al-Lughat Al-‘Arabiyyah Karya Fu’Ad Ni’mah Dan Kitab an-Nah{wu Al-Wadhih Karya Ali Al-Jarim Dan Mustafa Amin (Analisis Gradasi Materi Nahwu)’ (UIN Sunan Kalijaga, 2014)
Lestari, Ika, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi’, Akademia Permata, 2013
Mu’izzudin, Mochammad, ‘Implementasi Metode Qiyasiyah Terhadap Kemampuan Santri Dalam Memahami Kitab Al-Jurumiyyah’, Jurnal An-Nabighah, 12.No.01 (2019)
Mualif, Ahmad, ‘Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu Dalam Pendidikan Bahasa Arab’, Jurnal Al-Hikmah, 1.No.01 (2019)
Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan : Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa (Semarang: IKIP Semarang press, 1995)
Pransiska, Toni, ‘Buku Teks Al-Lughah Al-Arabiyyah Al-Mu’shirah Bagi Penutur Non Arab : Desain, Konstruksi Dan Implementasi’, Jurnal Al-Fikra, 17.No.01 (2018)
Ridlo, Ubaidl, ‘Model Pembelajaran Bahasa Arab Al-Qawa’id Al-Nahwiyyah’, Jurnal Al-Ma’rifah, 12.No.02 (2015)
Sa’adah, Neli, ‘Pengaruh Metode Deduktif Dengan Menggunakan Media Kartu Dalam Memahami Jumlah Fi’liyyah (Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)’, Jurnal El-Ibtikar, 7.No.02 (2018)
Setyawan, Cahya Edi, ‘Telaah Bahan Ajar Bahasa Arab “Ayo Fasih Berbahasa Arab” Madrasah Aliyah Kelas XII Karya Hasan Saefullah (Tinjauan Materi Berdasarkan Teori Mackey)’, Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV, No.04, 2018
Sumardi, Mulyanto, Pengajaran Bahasa Asing : Sebuah Tindakan Dari Segi Metodologi (Jakarta: Bulan Bintang, 1974)