Development of E-Module Media in Learning Arabic for Class X Students of MAN 4 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.07Keywords:
Pengembangan, Media E-Modul, Pembelajaran Bahasa Arab, Development, Electronic Module Media, Arabic LearningAbstract
Learning Arabic at MAN , Ngawi only uses LKS or student worksheets as a learning media and uses the lecture method. The students are bored, sleepy, and lack understanding of the material delivered by the teacher. This study aims to develop Arabic electronic module media, find out the media's quality, and determine students' responses to the media. This study uses the type of research and development of the Borg and Gall model. The quality of the product was assessed by one material expert, one media expert, one Arabic teacher, and responded by five students in a limited trial and 26 students in an extensive trial. The instrument used in this study was a questionnaire to see product quality and student questionnaire responses to the product. Data analysis techniques using qualitative and quantitative. The results of this research and development are in the form of Arabic electronic module media. The quality of Arabic electronic module according to material expert, media expert, Arabic teacher successively got a percentage of 88,00%(Very Good), 91,25% (Very Good) and 86,66% (Very Good). While the students' responses to the Arabic electronic module in the limited trial and the extensive trial successively got a percentage of 80,00% (Agree) and 90,23% (Strongly Agree). Based on these results, it can be concluded that Arabic electronic module media is suitable for use as a media for learning Arabic.
Keywords: Development, Electronic Module Media, Arabic Learning
Abstrak :
Pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Ngawi hanya menggunakan LKS sebagai media pembelajaran dan menggunakan metode ceramah. Hal ini membuat peserta didik cenderung bosan, ngantuk, dan kurang memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-modul bahasa Arab, mengetahui kualitas media, dan mengetahui respon siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru bahasa Arab dan direspon oleh 5 siswa pada uji coba terbatas dan 26 siswa pada uji coba luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon siswa terhadap produk tersebut. Teknik analisa data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media e-modul bahasa Arab. Kualitas e-modul bahasa Arab menurut ahli materi, ahli media dan guru bahasa Arab secara berturut-urut memperoleh persentase sebesar 88,00% (kategori Sangat Baik), 91,25% (kategori Sangat Baik), dan 86,66% (kategori Sangat Baik). Sedangkan respon siswa terhadap e-modul bahasa Arab pada uji coba terbatas dan uji coba luas secara berturut-urut memperoleh persentase sebesar 80,00%(kategori Setuju) dan 90,23% (kategori Sangat Setuju). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-modul layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci : Pengembangan, Media E-Modul, Pembelajaran Bahasa Arab.
Downloads
References
Acep Hermawan. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya, 2011.
Aminudin. “Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al-Munzir 7, no. 2 (2014): 18.
Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Bisri Mustofa, and M. Abdul Hamid. Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Imam Muslimin. Edisi 2. Malang: UIN MALIKI PRESS, 2012.
wikipedia. “Elektronik,” n.d. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Elektronik.
Lisa Tania, and Joni Susilowibowo. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMKN 1 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK) UNESA 5, no. 2 (2017): 1–9.
M. Khalilullah. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.
Muhammad Arsal, Muhammad Danial, and Yusminah Hala. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru.” In Prosiding Seminar Nasional Biologi VI. Makasar: eprints Universitas Negeri Makasar, n.d.
Musthafa al- Ghalayain. Jami’ Ad-Durus Al- ‘Arabiyah. 1st ed. Beirut: Dar al-Kutub al- ‘Ilmiyah, 2005.
Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.
Oktariawan Dika Putra, Darlius, and Harlin. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 4, no. 1 (2017): 35–36.
Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Tinjauan Teoritik Dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Ratih Dwi Zaningsih. “Pengembangan Aplikasi E-Modul Mobile Pembelajaran Matematika Berbasis Android Studio Pokok Bahasan Matriks.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Syahrial, Arial, and Dwi Agus Kurniawan. “E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi.” Jurnal Teknologi Pendidikan 21, no. 1 (2019): 167.
Talizaro Tafonao. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 105.
Umi Machmudah, and Abdul Wahhab Rosyidi. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2008.