Abaza’s Learning Method (Tamyiz) in Students' Mufradāt Mastery: Is It Effective? How Does It Work?/ Metode Pembelajaran Abaza (Tamyiz) dalam Penguasaan Mufradāt Siswa: Apakah Efektif ? Bagaimana cara kerjanya?
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-07Keywords:
Abaza, Arabic Learning method, Mufradāt, Tamyiz, Metode Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
More than half a percent of fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Palopo lack mastery of mufradāt, so that it affects the quality of language skills to be achieved. Therefore, the researcher tries to overcome this problem by applying the Tamyiz method which aims to (1) observe and report on the implementation of the Tamyiz method, (2) describe students' mastery of mufradāt, and ( 3) determine the effect of applying the Tamyiz method on the mastery of mufradāt of fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Palopo. This type of research is experimental research designed using one group pre-test post-test. The data needed for this study were collected through participant observation, tests, closed questionnaires, structured interviews, and documentation collected from Arabic teachers and fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Palopo, totaling 25 students. The result showed that the value of sig. (2 tailed) from the pre-test and post-test data is <0.05, which is 0.000. That is, the hypothesis is accepted. In other words, there is a significant difference between the pre-test and post-test mean score. Thus, the mastery of students' mufradāt has increased after the implementation of the Tamyiz method.
Keywords : Abaza, Arabic Learning method, Mufradāt, Tamyiz
Abstrak
Lebih dari setengah persen siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Palopo kurang menguasai mufradāt, sehingga berpengaruh pada kualitas keterampilan berbahasa yang hendak dicapai. Oleh sebab itu, peneliti mencoba untuk mengatasi problematika lingusitik dan non-linguistik tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran Tamyiz sebagai upaya pembentukan suasana baru bagi siswa yang bertujuan untuk (1) Mengamati dan melaporkan pelaksanaan metode pembelajaran Tamyiz, (2) Mendeskripsikan penguasaan mufradāt siswa, dan (3) Mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Tamyiz terhadap penguasaan mufradāt siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang di desain menggunakan one group pre-test post-test. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, tes, kuisioner, dan dokumentasi kepada guru bahasa Arab dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Palopo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2 tailed) dari data pre-test dan post-test adalah < 0,05, yaitu sebesar 0,000. Artinya, hipotesis diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rerata pre-test dan post-test. Jadi, penguasaan mufradāt siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode Tamyiz.
Kata Kunci : Abaza, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Mufradāt, Tamyiz
Downloads
References
‘05_Efektifitas_Metode_Tamyiz_-_Dina_Romayani.Pdf’ <http://jurnal.upi.edu/file/05_Efektifitas_Metode_Tamyiz_-_Dina_Romayani.pdf> [accessed 25 July 2021]
‘1315-E176.Pdf’ <http://www.ijiet.org/vol9/1315-E176.pdf> [accessed 22 August 2021]
Admin, Admin, and Noor Amirudin, ‘PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, TAMADDUN :, 2017, 1–12 <https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66>
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
Aslah, Zumrotul, ‘Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab Dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta’, Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3.2 (2017), 269–86 <https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-05>
Damayanti, Lilis, Wawancara Terstruktur, 2017
Dorairaju, Regina, and Manimekalai Jambulingam, ‘The Role of Music and M-Learning in English: Vocabulary Gain Among Tertiary Students’, Journal of Language and Education, 3.2 (2017), 39–44 <https://doi.org/10.17323/2411-7390-2017-3-2-39-44>
Fahrurrozi, Aziz, ‘PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : PROBLEMATIKA DAN SOLUSINYA’, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1.2 (2014), 161–80 <https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137>
Farhan, Farhan, ‘Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz’, Khazanah Pendidikan Islam, 1.1 (2019), 38–52 <https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7139>
Fauziyyah, Alfi, Ulfiah Ulfiah, and Ila Nurlaila Hidayat, ‘Efektivitas Metode Tamyiz Terhadap Memori Dalam Mempelajari Alquran Pada Santri Pondok Pesantren Quran’, Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1.1 (2018), 37–52 <https://doi.org/10.15575/jpib.v1i1.2070>
Fauzy, Hafiyya Izdihaar el, ‘ANDRAGOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE “TAMYIZ” DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NON FORMAL’, Semnasbama, 2.0 (2018) <https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/188> [accessed 9 August 2021]
Hairani, Esi, Nadjematul Faizah, Muzayyanah Muzayyanah, and Nur Izzah, ‘Kohesi Metode Tamyiz Dalam Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Takhasus Bayt Tamyiz Indramayu’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3.2 (2018), 99–124 <https://doi.org/10.33511/misykat.v3n2.99-124>
Hakim, Muhammad Luqman, ‘PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 2.2 (2017), 156–62 <https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.56>
‘Hasil Pencarian - KBBI Daring’ <https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/METODE> [accessed 23 August 2021]
Hidayat, Nandang Sarip, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab (UIN Riau: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 2012)
Ilmi, Nadia Fatchu, ‘METODE “TAMYIZ” UNTUK PEMBELAJARAN NAHWU DAN SHARAF PADA AL-QUR’AN’, Semnasbama, 5.0 (2021), 542–52
Jaladri, Kafin, and Imam Syafi’i, ‘PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PPTQ-TD TARBIYATUL UMMAH SUKOHARJO 2015-2016’, Thulabuna - Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.1 (2019) <https://jurnal.stimsurakarta.ac.id/index.php/thulabuna/article/view/52> [accessed 25 July 2021]
Jin, Zhouhan, and Stuart Webb, ‘Incidental Vocabulary Learning Through Listening to Teacher Talk’, The Modern Language Journal, 104.3 (2020), 550–66 <https://doi.org/10.1111/modl.12661>
Kamal, Helmi, ‘The Influence of Online Game on the Learners’ Arabic Vocabulary Achievement’, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13.1 (2021), 16–31 <https://doi.org/10.24042/albayan.v13i1.7339>
Mawardi, Mawardi, Sistem Pembelajaran Bahasa Arab (Makassar: LPK STAIN, 2012)
Mukroji, Mukroji, ‘METODE TAMYIZ (Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum)’, Jurnal Kependidikan, 2.1 (2014), 161–84 <https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.547>
Mulyatiningsih, Endang, Riset Terapan Bidang Pendidikan Dan Teknik (Yogyakarta: UNY Press, 2011)
Muna, Wa, ‘AKSELERASI PEMAHAMAN MATERI SHARAF MELALUI METODE TAMYIZ BERBASIS PERAGAAN PADA MAHASISWA IAIN KENDARI’, Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12.2 (2018), 166–81 <https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.647>
Observasi Partisipan, 2017
Pavia, Niousha, Stuart Webb, and Farahnaz Faez, ‘INCIDENTAL VOCABULARY LEARNING THROUGH LISTENING TO SONGS’, Studies in Second Language Acquisition, 41.4 (2019), 745–68 <https://doi.org/10.1017/S0272263119000020>
Qomaruddin, Ahmad, ‘Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran MufradÄt’, Jurnal Kependidikan, 5.1 (2017), 20–28 <https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1240>
Ridwan, Ridwan, and A. Fajar Awaluddin, ‘PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RAODHATUL ATHFAL’, Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13.1 (2019), 56–67 <https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252>
Riwayadi, Riwayadi, and Anisyah Anisyah, Kamus Inggris-Indonesia (Surabaya: Sinar, 2007)
Rosilia, Serlita, and Abdullah Abdullah, ‘PENERAPAN METODE TAMYIZ DALAM MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB DI MTS AL-FALAH GORONTALO’, AL-KILMAH, 1.2 (2020), 1–16
S, Febry Ramadani, and R. Umi Baroroh, ‘Strategies And Methods Of Learning Arabic Vocabulary/ Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab’, Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3.2 (2020) <https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i2.10062>
Sam, Zulfiah, ‘Metode Pembelajaran Bahasa Arab’, NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 2.1 (2016), 206–20 <https://doi.org/10.36701/nukhbah.v2i1.16>
Setiawan, Bambang, and Hasan Hasan, ‘Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa’, Proceeding NATHLA : al-Nadwah al-’Alamiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah, 1.1 (2020), 35–44 <https://doi.org/10.23971/nathla.v1i1.146>
Sifuddin, Saifuddin, Wawancara Terstruktur, 2017
Subakir, Subakir, ‘EFEKTIVITAS METODE TAMYIZ DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENERJEMAH AL-QUR’AN (Studi di Pondok Pesantren Bayt Tamyiz Indramayu)’, Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11.1 (2016), 134–49 <https://doi.org/10.31332/ai.v11i1.436>
Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015)
Sugiyono, Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi (Bandung: Alfabeta, 2011)
———, Statistik Untuk Penelitian (Bandung: CV Alfabeta, 2012)
Wahyu Ramadhan Abdullah, Muh., Wawancara Terstruktur, 2017
Wildan, Khoirul, and A. Jauhar Fuad, ‘Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning’, AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 4.1 (2019), 91–105