Analysis of The Final Exam of Odd Semester Grades in Arabic for Fifth Grade Students of MI Kebomlati Tuban / Taḥlīl Bunūd Al Ikhtibār Al Nihā’i Limādati Al Lugah Al Arabiyah Fi Al Madrasah Al Ibtidā’iyah Al Islāmiyah Kebomlati Tūban

Authors

  • Reni Lailina Hidayah UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
  • Saadatud Darain Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Zainun Yusuf Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Qomari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Faisal Mahmoud Adam Ibrahim Universitas Alquran Alkarim Khortoum Sudan

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071.01

Keywords:

Analisis butir soal, Bahasa Arab, Evaluasi, Kualitas Soal, Arabic, Evaluation, Item Analysis, Question Quality

Abstract

The purpose of this study was to analyze the final grade assessment items in the odd semester of Arabic for fifth-grade students at MI Kebomlati Tuban for the 2020/2021 academic year. This study uses a quantitative approach. The data in this study were obtained through question sheet documents and answers to the fifth-grade students of MI Kebomlati Tuban and were analyzed using formulas according to classical test theory (CTT) by using test validity based on the difference in power, the level of difficulty, and the question fraud. The results of this study are: (1) the results of the different power test show that there are 2 items with very good quality of difference, 19 good items, 7 medium items and 7 other items that do not have different power, even 1 of them has a value negative. So that the 7 items cannot be used; (2) at the level of difficulty, 9 items were found in the "difficult" category, 19 items were in the "medium" category and 14 items were in the "easy" category; (3) As for the quality of distractors in the final assessment questions of this semester, on average, they function well.

Keywords: Questions, Question Quality, Evaluation, Arabic

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal penilaian akhir semester ganjil (PAS) mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas V di MI Kebomlati Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumen lembar soal dan jawaban siswa kelas V MI Kebomlati Tuban, dan dianalisis menggunakan rumus-rumus sesuai teori tes klasik (TTK) dengan menggunakan validitas tes berdasarkan daya beda, tingkat kesukaran, dan pengecoh soal. Adapun hasil dari  penelitian ini adalah: (1) hasil uji daya beda menunjukkan terdapat 2 butir soal dengan kualitas daya beda sangat baik, 19 butir soal baik, 7 butir soal sedang dan 7 butir soal lainya tidak memiliki daya beda, bahkan 1 soal diantaranya bernilai negatif. Sehingga 7 butir soal tersebut tidak dapat digunakan; (2) pada tingkat kesukaran ditemukan terdapat 9 butir soal masuk dalam kategori “sukar”, 19 butir soal dengan kategori “sedang” dan 14 butir soal dalam kategori “mudah”; (3) adapun kualitas pengecoh dalam soal penilaian akhir semester ini rata-rata berfungsi dengan baik.

Kata kunci: Butir soal, Kualitas soal, Evaluasi, Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhamad. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press, 2013.

Akhmadi, Mochammad Noor. ‘Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 Sdn Plumbungan Menggunakan Program Anates’. Ed-Humanistics 06 Nomor 01 (2021): 779–806.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Asrori, Imam, Muhammad Thohir, and Ainin. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2016.

Baroroh, R. Umi, and Etika Riani Tsani. ‘Evaluasi Mahārah Al-Qirā’ah Dalam Buku Ajar Durūs Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah’. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (30 June 2019): 101–16.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2014.

Fathiyah, Siti Fathimah Al. ‘Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab Di MA Roudlotul Ulum Pagak Malang’. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 4, no. 1 (13 July 2019): 76–100.

Fietri, Winda Ayu, Zulyusri Zulyusri, and Violita Violita. ‘Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows’. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 7, no. 1 (29 March 2021): 28–35.

Liszahra, Yusrina, Tarmizi Ninoersy, and Salma Hayati. ‘Taḥlĺlu Tauśĺqi Bunūd Al-Ikhtibār Li Mādati al-Lugah al-Arabiyah Bi Ma’had Rūḥu al-Islām Anak Bangsa Aceh Besar Bi Barnāmij Anates’. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. 1 (27 August 2020): 104–15.

Magdalena, Ina, Yanti Ardia Ningsih, Nesfi Berliana, and Alma Novianti Gunawan. ‘Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Sari Putra’. BINTANG 3, no. 1 (30 April 2021): 15–22.

Mahendra, I. Wayan Eka. ‘Analisis Butir Soal’. Workshop presented at the Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, Singaraja, 2019.

Meilina, Sheila, Tarmizi Ninoersy, and Salma Hayati. ‘Taḥlĺu Binā’i Bunūdi al-Ikhtibāri Li Mādati al-Lugati al-‘Arabiyah Bima’Had Rūḥu al-Islām Anak Bangsa Aceh Besar’. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. 2 (5 April 2021): 204–21.

Mutholib, Abdul. ‘Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2012-2013’. Arabia 5, no. 2 (13 August 2016). https://doi.org/10.21043/arabia.v5i2.1387.

Ratna Wulan, Elis, and A. Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Sabri, Shafizan. 'Item Analysis Of Student Comprehensive Test For Research In Teaching Beginner String Ensemble Using Model-Based Teaching Among Music Students In Public Universities.' International Journal Of Education and Research 1, no. 12 (2013): 14.

Sudjana, Nana. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suharti, Sri. ‘Kualitas Tes Bahasa Arab Dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul (Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014)’. Jurnal Pendidikan Madrasah 2, no. 1 (30 May 2017): 185–96.

Tarmizi, Pebrian, Panut Setiono, Yuli Amaliyah, and Arief Agrian. ‘Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu’. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 4, no. 2 (12 January 2021): 124–32.

Wijayati, Alisa Sri. ‘Taḥlĺl Bunūd al-Ikhtibār at-Taḥṣĺy Li Mādati Mahārah al-Kitābah Fi Jāmi’ah Maulānā Mālik Ibrahĺm al-Hukumiyah Mālāng’. Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Downloads

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles